Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Klaim Keunggulan Biosolar B30

JAKARTA, KOMPAS.com - Melanjut Biosolar 20 persen atau B20, kini pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi mengimplementasi B30 di Indonesia.

Pada dasarnya B30 merupakan kesinambungan dari B20. Tingkat campuran FAME (Fatty Acid Methyl Ester) atau kandungan nabati dari kelapa sawit yang semula hanya 20 persen kini naik menjadi 30 persen.

Selain sebagai energi baru yang terbarukan serta menyelesaikan masalah defisit neraca perdagangan, penerapan B30 di Indonesia juga diklaim sebagai upaya menekan polusi udara yang dihasilkan dari solar murni.

"Implementasi Program Mandatori Biodiesel, termasuk B30 dijalankan dengan perencanaan yang matang dan sistematis serta melalui serangkaian uji komprehensif dan konstruktif untuk memastikan implementasinya tepat sasaran, tidak menimbulkan kerugian dan kerusahan mesin kendaraan dan justru berperan dalam meningkatkan kualitas lingkungan," kata Direktur Bioenergi Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Andriah Feby Misna, dalam siaran resminya beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dilakukan untuk melihat kemampuan bahan bakar dalam melakukan adaptasi pada kondisi udara yang lebih dingin. Hasilnya, Feby mengatakan start ability mesin berjalan mulus setelah didamkan bahan bakar pada corong terpisah selam 21 hari.

Tak hanya itu saja, uji jalan 640 km di ragam lintasan juga ikut dilakukan. Pada lintasan lurus, kestabilan mobil dipertahankan pada kecepatan maksimal, yakni 100 kpj.

"B30 pada dasarnya siap digunakan mesin diesel biasa dengan sedikit atau tanpa penyesuaian. Penyesuaian dibutuhkan jika penyimpanan atau wadah biodiesel terbuat dari bahan yang sensitif dengan biodiesel seperti seal, gasket, dan perekat terutama mobil lama dan yang terbuat dari karet alam dan karet nitril," ucap Feby.

Pada intinya, keberhasilan B30 tergantung kepada tiga faktor, yaitu kualitas bahan bakar (biodiesel dan solar), handling atau penanganan bahan bakar dan juga kompatibilitas material terhadap bahan bakar tersebut.

Kerusakan yang terjadi pada injektor dapat diakibatkan dari ketidaksesuaian salah satu atau lebih dari ketiga faktor tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/13/065100115/begini-klaim-keunggulan-biosolar-b30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke