Salin Artikel

Begini Cara Truk Lawas Mitsubishi Fuso Bisa Tenggak Solar B30

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir 2019 lalu, aturan penggunaan solar B30 mulai dijalankan sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan niaga. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor merek Mitsubishi Fuso jadi salah satunya.

Kini tiga model kendaraan yang dipasarkan di Indonesia, yakni Colt Diesel, Fuso, dan Fighter telah dipastikan aman menggunakan solar B30.

Namun, bagaimana dengan kendaraan yang sudah dipakai konsumen, khususnya truk produksi sebelum 2019?

Yogi Krisdian, After Sales Business Development Department Head PT KTB, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan suku cadang agar truk model lama bisa mengikuti kebijakan pemeritah untuk menyesuaikan dengan bahan bakar solar B30.

“Agar bisa menggunakan solar B30 dengan aman, kendaraan Mitsubishi Fuso membutuhkan filter tambahan atau pre-filter di sistem bahan bakarnya” ujar Yogi di Jakarta (11/2/2020).

Menurut Yogi, filter tambahan ini bisa dipakai oleh model Fuso dan Fighter. Sementara Colt Diesel disebut telah aman menggunakan B30 tanpa perlu modifikasi.

“Filter solar Fuso dan Fighter tadinya hanya berupa saringan bahan bakar dan water separator. Kini ada satu tambahan saringan lagi yaitu pre-filter, posisinya berada di sebelum melewati water separator,” katanya.

“Filter ini berukuran lebih besar, dan dengan tambahan filter ini waktu periodical maintenance bisa sesuai dengan anjuran kami yakni setiap 20.000 km.

Pemilik Fuso dan Fighter lawas dapat mengunjungi diler resmi Mitsubishi Fuso untuk mendapatkan filter tambahan untuk solar B30.

“Jadi pada model Fuso dan Fighter akan menggunakan tiga filter, harganya mesti dicek dulu, tapi sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Perbaikan ini bisa dilakukan di diler resmi, dengan waktu pemasangan sekitar 3 jam,” kata Yogi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/12/092200715/begini-cara-truk-lawas-mitsubishi-fuso-bisa-tenggak-solar-b30

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.