Salin Artikel

Honda DAX Chopper dengan Ukiran Sekujur Bodi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan motor bebek untuk di-custom menjadi chopper sudah tak jarang dilakukan.

Tapi, tak banyak yang melakukannya pada rangka Honda DAX atau ST70, seperti yang dilakukan oleh Anton Setiawan, builder dari KJNR Custom, di bilangan Kediri, Jawa Timur.

Honda DAX ST70 diproduksi pada era '70-an. Tapi, untuk mesinnya, Anton mengandalkan mesin yang masih muda, yakni Supra X 125 produksi tahun 2010. Chopper yang diaplikasikan pada motor bebek bisa juga disebut dengan choppy cub.

"Alasan saya pilih chopper karena desain bodinya yang menarik. Sengaja pakai rangka ST70, karena masih jarang yang pakai rangka ini untuk chopper," ujar Anton, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Anton mengatakan, bagian tersulit dalam pengerjaan motor yang diberi nama Betoro Keloro Dakar, adalah proses pengukiran bodinya. Sebab, hampir seluruh bodinya dipenuhi dengan ukiran.

"Kesulitannya karena selain harus detail, tapi juga sama antara bagian kanan dengan kirinya," kata Anton.

Ukiran pada motor garapan Anton ini bukan hanya pada bagian bodinya. Bahkan, ukiran juga dapat dilihat di bagian mesin dan knalpotnya.

Anton membeberkan lama pengerjaan motor ini mencapai tiga bulan. Sedangkan untuk pengukirannya sendiri, hanya memakan waktu satu bulan penuh.

Untuk bagian-bagian yang merupakan hasil custom, mulai dari hand grip, knalpot, setang, jok, tabung sokbreker depan, bahkan hingga baut-baut di-custom dari bahan kuningan.

Choppy cub garapan KJNR Custom ini juga pernah mengikuti ajang Kustomfest 2019 di Yogyakarta beberapa waktu lalu dan berhasil meraih juara pertama di kategori choppy cub.

Spesifikasi Honda Supra X 125 Choppy Cub dari KJNR Custom:
Rangka: Honda DAX ST70
Setang: Custom
Hand grip: Custom
Knalpot: Custom
Jok: Custom
Lampu depan: Aftermarket
Pelek depan dan belakang: Aftermarket monoblock

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/11/104200915/honda-dax-chopper-dengan-ukiran-sekujur-bodi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.