Salin Artikel

Bangun Motor Custom dengan Basis Moge, Mengapa Lebih Mahal?

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang menggunakan basis motor gede (moge) untuk dibangun menjadi motor custom. Sebab, moge dinilai memiliki bentuk mesin yang besar dan tidak sulit untuk menetapkan konsep yang ingin diwujudkan.

Namun, membangun motor custom dengan basis moge tidak selamanya mudah, apalagi murah.

Bukan hanya karena harga asli motornya yang sudah mahal, tapi juga ada faktor lain yang membuat proses custom moge lebih mahal dibanding motor dengan mesin kecil.

Andi Akbar, builder dari Katros Garage, menjelaskan, proses pengerjaan untuk moge lebih lama dan harga komponen atau aksesori yang digunakan juga lebih mahal.

"Sebab, tidak mungkin kan moge tapi pakai aksesori untuk motor bebek atau yang palsu," ujar pria yang akrab disapa Atenk tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Atenk menambahkan, biaya jasa pengerjaan juga dibedakan dengan motor biasa. Memang sama-sama motor dan bahan pelat yang digunakan juga sama. Tapi, menurut Atenk, ada yang namanya manajemen resiko dan itu lebih besar dibanding mengerjakan motor biasa.

"Kita ada tanggung jawab kalau motor itu sampai bermasalah saat pengerjaan. Dengan resikonya yang lebih besar, maka ongkosnya pun lebih mahal. Jadi, tidak serta merta mahal begitu saja. Itu semua ada perhitungannya," kata Atenk.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/10/104200215/bangun-motor-custom-dengan-basis-moge-mengapa-lebih-mahal-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.