Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Jasa Marga Mau Ganti Rugi Ban Pecah di Tol | Spek Lengkap Suzuki XL7

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat perlu tahu jika ban mobil pecah di jalan tol akan diganti oleh Jasa Marga. Klaimnya dapat dilakukan dengan cara menunjukkan bukti fisik kerusakan kendaraan dan penyebab kerusakan, serta bukti tanda terima transaksi tol.

Selain itu, spesifikasi lengkap Suzuki XL7 yang akan meluncur pekan depan sudah mulai bocor. Bila melakukan penelusuran di dunia maya, sudah cukup banyak wiraniaga Suzuki yang tanpa malu-malu memajang spesifikasi lengkap bersama foto asli dari XL7 yang akan mengaspal sesaat lagi di Indonesia.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Jumat (7/2/2020).

1. Jasa Marga Mau Ganti Rugi Ban Pecah di Tol, Simak Cara Klaim

PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mengganti rugi kendaraan yang mengalami pecah ban akibat jalan berlubang di Jalan Tol Prof DR Ir Soedijatmo layang, tepatnya di Km 25+200 B arah Pluit.

Area Manager Jasamarga Tollroad Operator Agus Pramono mengatakan, proses ganti rugi dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan.

Langkah itu juga sesuai dengan Keputusan Direksi Jasa Marga Nomor 117/KPTS/2007 Pasal 4 ayat 2 yang berbunyi;

"Kejadian yang menimpa pengguna jalan yang dalam di klaim di antaranya akibat kerusakan jalan antara lain jalan berlubang."

"Merujuk peraturan tersebut, kami sampaikan bahwa pengguna jalan yang mengalami bocor ban atau kerusakan kendaraan akibat jalan berlubang di Km 25+200 B Jalan Tol Prof DR Ir Soedijatmo layang dapat mengajukan klaim ganti rugi kepada Jasa Marga, sesuai dengan aturan berlaku," kata Agus dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

2. Penjualan Isuzu Panther Mau Distop, Harga Bekasnya Mulai Rp 40 Jutaan

Eksistensi Isuzu Panther di Indonesia akan berakhir pada 2021. Bukan tanpa sebab, sang raja diesel itu harus berhenti produksi karena terganjal regulasi standar emisi Euro IV.

Ketentuan standar Euro IV untuk kendaraan roda empat berbahan bakar diesel bakal berlaku pada 7 April 2021.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri LHK Nomor P.20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

3. Suzuki XL7 Siap Mengaspal, Daihatsu Kerek Harga Terios

Menyusul Sigra, Xenia, dan Sirion, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga kembali mengerek banderol Terios. Mobil bergenre low sport utility vehicle ( LSUV) atau SUV murah ini mengalamai koreksi harga di bulan kedua 2020.

Melihat dari laman resmi Daihatsu, bila dibandingkan dengan Januari lalu, kenaikan pada Terios di tiap varian mencapai Rp 1,5 juta.

Harga tertinggi untuk Terios, yakni R AT Custom yang sebelumnya dipasarkan Rp 261,4 juta, saat ini menjadi Rp 262,9 juta. Sedangkan tipe termurahnya, yakni Terios X MT Rp 208,3 juta.

4. Intip Bocoran Lengkap Suzuki XL7 Sebelum Mengaspal

Suzuki XL7 siap mengaspal delapan hari lagi, tepatnya pada 15 Februari 2020 mendatang.
Meski PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih berupaya menutup keran informasi soal spesifikasi, varian, sampai harga, tetapi bocoran di media sosial cukup mengalir deras.

Bila melakukan penelusuran di dunia maya, sudah cukup banyak wiraniaga Suzuki yang tanpa malu-malu memajang spesifikasi lengkap bersama foto asli dari XL7 yang akan mengaspal sesaat lagi di Indonesia.

Mobil berbasis Ertiga yang akan keluar menjadi low sport utility vehicle ( LSUV) tersebut bakal meluncur dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha yang menjadi versi tertingginya. Ketiganya sama-sama menggunakan mesin K15B DOHC dengan kubikasi 1.500 cc.

5. Suzuki Pastikan XL7 Diproduksi di Indonesia

Kehadiran Suzuki XL7 hanya tinggal sesaat lagi. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), telah memberikan sinyal bakal merilis mobil yang bermain di segmen low sport utility vehicle ( LSUV) itu pada 15 Februari 2020 mendatang.

Tak hanya itu saja, SIS juga telah memastikan bila nantinya XL7 yang akan diluncurkan di Indonesia bukanlah produk yang didatangkan dari India, melainkan unit produksi Indonesia.

"Kita produksi lokal di sini (Indonesia), dan natinya kami juga minta agar itu (XL7) bisa diekspor," kata Direktur Pemasaran 4 Roda PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, kepada media di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/08/070200415/-populer-otomotif-jasa-marga-mau-ganti-rugi-ban-pecah-di-tol-spek-lengkap

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.