Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susah-susah Gampang Pelihara Vespa, Simak Tipsnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter ikonis asal Italia ini memang selalu mendapat perhatian khusus para konsumen otomotif, baik model klasik atau modern. Walaupun perawatannya terbilang susah namun tidak menjadikan Vespa sepi peminat.

Salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah sering tiba-tiba mogok di jalan, namun hal itu sebenarnya tidak akan terjadi jika perawatan yang dilakukan benar dan tepat.

Yudha Ariftian selaku owner dan kepala bengkel OS Vintage Autoservice mengatakan yang paling utama dalam merawat motor Vespa adalah servis harus dilakukan secara rutin dan tepat.

“Kadang pengguna Vespa ada yang belum paham bagaimana cara merawat Vespanya dengan benar, makanya banyak yang ngeluh kalo Vespa itu sering rewel dan jajannya banyak,” ujar Yudha kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Selain itu pemilihan oli juga paling berpengaruh dalam perawatan Vespa. Karena biasanya oli Vespa berbeda dengan oli skutik atau motor biasa.

“Vespa itu beda dengan motor Jepang, kalau mau servis dan ganti oli usahakan di bengkel yang memang khusus Vespa bukan bengkel motor Jepang. Karena rata-rata bengkel jepang tidak menyediakan oli yang sesuai dengan SAE (Sociaty of Automotive Engineers) Vespa,” kata Yudha.

Khusus untuk Vespa modern ada dua jenis kekentalan oli mesin yang direkomendasikan dan bisa digunakan, yaitu SAE 5W-40 dan SAE 10W-40. Perlu diperhatikan juga untuk pergantian pelumas Vespa yang sangat dianjurkan tidak telat atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Yudha menambahkan jika ingin perawatan yang tepat dan Vespa terus bekerja secara optimal sebaiknya langsung dibawa ke bengkel khusus Vespa yang benar-benar menyediakan part khusus, sehingga tidak akan ada kesalahan yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/07/162200515/susah-susah-gampang-pelihara-vespa-simak-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke