Salin Artikel

Mobil Bekas Banjir, Penurunan Harga Mobil Mewah Paling Besar

JAKARTA, KOMPAS.com – Penurunan harga jual kendaraan atau depresiasi hampir dialami oleh semua mobil. Namun kejadian banjir yang membuat mobil terendam, ternyata makin memperparah penurunan harga tersebut.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan mobil Jepang yang terendam banjir bisa langsung turun harga 10 sampai 20 persen.

“Misalnya Avanza 2012 sekarang sekitar Rp 100 jutaan, kalau mobil bekas banjir bisa turun Rp 15 juta sampai Rp 20 juta,” ujarnya kepada Kompas.com (6/2/2020).

Sementara untuk mobil Eropa, menurutnya penurunan harga lebih besar lagi. Menurut Herjanto mencapai 20 sampai 30 persen. Hal ini terjadi lantaran peminat mobil mewah jumlahnya tak sebanyak mobil Jepang.

Ilustrasinya, dalam kondisi normal saja mobil bekas Eropa memiliki depresiasi harga yang tinggi. Apalagi jika mobil pernah terendam banjir, harganya bakal terjun bebas.

“Karena semakin mewah mobil, semakin turun harganya. Apalagi kalau mobil mewah tidak memiliki asuransi, pasti mahal sekali biaya perbaikannya, sedikit sekali yang mau ambil,” kata Herjanto.

Meski begitu, mobil Eropa yang terendam banjir masih bisa diselamatkan harga jualnya apabila langsung mendapat penanganan yang baik.

“Kalau sampai tenggelam atau terrndam agak susah untuk bisa balik normal, tapi kalau hanya basah di karpet atau jok, masih bisa diperbaiki asalkan komponen-komponen vitalnya belum rusak,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/07/123200315/mobil-bekas-banjir-penurunan-harga-mobil-mewah-paling-besar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.