Salin Artikel

Bagaimana Spek Suzuki XL7 yang Bakal Jadi Rival Rush dan Terios?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), siap merilis XL7 di Indonesia sesaat lagi. Walau berbagi platform dengan Ertiga, namun dipastikan XL7 tidak akan masuk dalam keluarga Ertiga, melainkan bermain di genre low sport utility vehicle (LSUV).

Artinya Suzuki XL7 bakal menjadi rival untuk Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Honda BR-V di segmen SUV murah tiga baris.

Kepastian mengenai XL7 yang masuk dalam jaajran LSUV juga sudah dibeberkan oleh Makmur, selaku 4W Sales Director PT SIS. Menurut dia, antara Ertiga dan XL7 akan memiliki karakter yang beda, termasuk dari target konsumennya.

"Bukan varian (Ertiga), jadi ini produk (XL7) beda dengan Ertiga. Segmennya beda," ucap Makmur kepada Kompas.com, di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Lebih lanjut Makmur menjelaskan alasan Suzuki meluncurkan XL7 salah satunya didasari perkembangan tren global yang mengarah ke SUV. Namun demikian, karakternya telah disesuaikan dengan konsumen Indonesia.

Penyesuaian yang dimaskud menyangkut beberapa hal, mulai dengan penampilan stylish, sektor kenyamanan, ground clearance tinggi, serta yang paling utama adalah memiliki kapasitas tujuh penumpang.

Bahkan saat berbincang dari sisi teknisnya, Head of Service PT SIS Riecky Patrayudha, juga telah memastikan XL7 punya karakter beda.

Riecky menjamin XL7 bukan sekadar Ertiga yang di SUV-kan dari segi tampilan dan kaki-kaki saja.

"Basisnya sama dengan Ertiga, tapi teknis pasti ya beda karena menyesuaikan untuk segmennya. Garis besarnya kaki-kaki kami rancang ulang, termasuk suspensi, bahkan sampai engine, maksudnya kita optimalisasi, setting engine control module (ECM) sudah pasti beda," kata Riecky saat berbincang dengan Kompas.com.

Secara keseluruhan, Riecky memaparkan ada tiga hal besar yang membedakan XL7 dengan Ertiga dari sisi teknis. Mulai dari konstruksi pada sektor kaki-kaki, setting ECU, sampai sisi wiring atau instalasi kelistrikan.

"Jadi tidak bisa dibilang varian Ertiga karena memang beda teknis dan segala macamnya. XL7 punya feel driving benar-benar seperti SUV, bukan sekadar modifikasi kaki-kaki yang dibuat tinggi," ujar Riecky.

Untuk diketahui, struktur Ertiga yang dijadikan sebagai SUV awalnya lahir dengan nama XL6 di India. Tapi untuk Indonesia sendiri dipilih nama XL7 lantaran tetap memiliki kapasitas tempat duduk tujuh penumpang.

Nama Suzuki XL7 sendiri bukan lah hal baru, sebelumnya nama ini sudah dipakai oleh Suzuki pada produk SUV sebelumnya, yakni Escudo XL7, yang kala itu menggunakan mesin 2.500 cc.

Suzuki sudah memastikan XL7 bakal mengaspal di pasar otomotif Indonesia pada 15 Februari 2020 mendatang.

Berdasarkan informasi yang beredar, XL7 akan ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan matik yang hadir dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/05/170500915/bagaimana-spek-suzuki-xl7-yang-bakal-jadi-rival-rush-dan-terios-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.