Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, Mobil Bisa Jadi Rumah yang Nyaman buat Kecoak

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah membayangkan saat lagi mengendarai mobil tiba-tiba ada serangga di sekitar dasbor mobil?

Beberapa hewan yang kerap berada di dalam mobil di antaranya kecoak, laba-laba dan semut. Hal ini bisa terjadi karena kebersihan mobil tidak diperhatikan dengan baik.

Pada umumnya binatang yang bersarang di dalam mobil disebabkan dari kebiasaan pemilik mobil itu sendiri. Binatang kecil itu tidak akan masuk ke dalam mobil dengan sendirinya.

Seperti yang dikatakan oleh Yaska Wu selaku Cheif Executive Officer HD Car Care Indonesia, penyebab utama lainnya ada binatang terutama kecoak di dalam mobil adalah karena ada makanan yang tertinggal.

“Kendaraan yang ada sisa makanan atau remah-remah akan mengundang untuk kecoa masuk dan bersarang. Akan diperparah jika sering parkir di lokasi yang lembab tempat kecoa bersarang,” ujar Yaska kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/01/2020)

Lower ground atau basement adalah salah satu tempat yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya kecoak.

Karena biasanya berada dipojok gedung yang dekat dengan saluran pembuangan air atau tempat sampah. Hal ini akan memperparah kembang biak kecoa di dalam mobil.

Tidak hanya kecoak, semut juga menjadi binatang kecil yang paling sering ditemui di dalam mobil.

“Ini kemungkinan karena kendaraan sering di parkir di bawah pohon dan ban langsung bersentuhan dengan tanah (bukan dilapisi keramik atau beton), sehingga akan lebih mudah untuk semut bersarang,” ujan Yaska.

Yaska juga menambahkan untuk selalu cek kaca mobil dan memastikan kaca sudah tertutup rapat ketika meninggalkan kendaraan karena bisa saja serangga masuk melalui rongga kecil dari deck mobil maupun kaca mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/30/154200915/waspada-mobil-bisa-jadi-rumah-yang-nyaman-buat-kecoak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke