Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gotong Royong Angkat Motor dari Jalur Transjakarta Terulang Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesadaran pengguna kendaraan bermotor khususnya sepeda motor masih rendah. Terbukti masih banyak pemotor yang masuk jalur bus TransJakarta, meski diketahui bahwa jalur tersebut merupakan kawasan steril.

Video yang viral di Instagram, Rabu (29/1/2020), memperlihatkan puluhan pemotor yang masuk jalur Transjakarta mencoba keluar lagi dengan cara mengangkat motor melewati pembatas jalan karena di depan banyak polisi yang berjaga.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan, miris melihat masyarakat yang bergotong royong mengangkat motor agar keluar dari jalur Transjakarta, padahal di situ ada petugas polisi.

"Kejadian ini membuktikan bahwa ada sesuatu yang salah dalam masyarakat kita. Karena bisa dibilang masyarakat tidak teredukasi dengan benar sehingga aturan yang dibuat seakan untuk dilanggar," kata Marcell kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Marcell mengatakan, perilaku berkendara bisa merepersentasikan budaya bangsa. Oleh karena itu, bahu-membahu dalam kesalahan menunjukkan budaya yang tidak baik.

"Hal ini yang harus dibangun di masyarakat kta bahwa kesadaran untuk menatati hukum masih rendah, dan ketika masyarakat dalam keadaan yang sama keluar jiwa gotong-royongnya, bahu membahu. Miris sekali," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/30/111200615/gotong-royong-angkat-motor-dari-jalur-transjakarta-terulang-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke