Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda dengan Mobil, Aki Kering Motor Lebih Bebas Perawatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beda dengan mobil, aki maintenance free (MF) atau dikenal dengan bahasa umum aki kering pada sepeda motor, rupanya sudah benar-benar dirancang tanpa perawatan khusus. Artinya pemilik tak perlu repot menambah cairan yang habis akibat proses penguapan.

"Kebanyakan aki MF pada motor sudah berjenis Valve Regulated Lead Acid (VRLA) Battery, jadi memang dirancang tanpa harus menambah cairan, beda dengan aki MF pada mobil," kata Techincal Advisor Quality Assurance PT Astra Otoparts Sahrudin, kepada Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

Menurut Sahrudin, pada aki MF VRLA terdapat beberapa teknologi yang bisa membuat cairan aki tak mudah menguap. Valve atau katup pengaman, dibuat agar saat cairan mulai menguap bisa kembali lagi ke dalam sel aki tersebut.

Setelah itu, cairan yang kembali akan diisap atau diserap kembali oleh absortive glass mat (AGM) yang digunakan sebagai lembaran pemisah berbahan fiberglass.

Dengan begitu, menurut Sahrudin aki MF pada motor memiliki risiko kebocoran yang minim, bahkan diklaim jarang sampai terjadi korosi pada kutub positif dan negatif seperti yang terjadi pada aki konvensional.

"Selain itu, aki MF pada motor cenderung diletakan pada tempat yang memilliki suhu stabil, tidak seperti mobil. Jadi secara temperatur akan lebih rendah dan penguapan cairan aki sangat minim sekali terjadi," ujar Sahrudin.

"Kalau di mobil itu kan aki berada di ruang mesin yang tertutup, pastinya suhu akan mudah panas. Ditambah dengan kondisi cuaca panas dari luar, akan membuat temperatur makin tinggi. Dari situ, timbul penguapan pada cairan aki, karena itu aki MF pada mobil saat ini arahnya sudah bisa dibuka untuk perawatan," kata dia

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/29/182400815/beda-dengan-mobil-aki-kering-motor-lebih-bebas-perawatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke