Salin Artikel

Sementara, Tilang Elektronik Berlaku untuk Motor Plat B

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan sistem E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik juga akan diberlakukan untuk sepeda motor. Tilang elektronik melalui tangkapan gambar yang diambil CCTV rencananya akan dimulai pada 1 Februari 2020.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, menjelaskan penerapan E-TLE untuk motor dijadwalkan bakal diimplementasi awal Februari 2020.

"Jadi mulai 1 Februari nanti direncanakan E-TLE untuk sepeda motor," ucap Fahri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Fahri menambahkan, untuk sementara ini, tilang elektronik hanya berlaku untuk pelat B saja atau wilayah hukum DKI Jakarta. Sementara pelat nomor polisi dengan kode daerah lain belum termasuk.

"Sementara baru pelat B, tapi kita akan terus kembangkan. Ini kan sifatnya dinamis, jadi belum tahu sampai kapan," kata Fahri.

Sebelumnya, NTMC Polri menyebutkan, penerapan E-TLE nantinya akan berlaku untuk semua pelat nomor kendaraan. Namun, rupanya akan dilakukan secara bertahap.

"Jadi tahapan E-TLE berlaku untuk semua pelat nomor dilalui melalui beberapa tahapan, untuk yang pertama integrasi dulu di Februari agar nanti pelat nomor kendaraan yang ada bisa terbaca juga dengan data regident Polda Metro Jaya," ujar Fahri.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/23/115217315/sementara-tilang-elektronik-berlaku-untuk-motor-plat-b

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.