Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Lokasi Tilang Elektronik untuk Motor | Skutik Bekas yang Dijual di Bawah Rp 5 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan depan Ditlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik untuk pengendara sepeda motor yang melanggar aturan. Masa sosialisasi dilakukan asal Februari dalam satu pekan ke depan.

Selain itu, topik menarik lainnya tentang skutik bekas yang harga jualnya di bawah Rp 5 juta. Informasi itu menjadi populer di kanal otomotif pada Rabu 22 Januari 2020.

Penasaran seperti apa, berikut ini daftar lima berita terpopuler:

1. Catat, Ini Lokasi Tilang Elektronik untuk Pengendara Motor di Jakarta

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai 1 Februari 2020 akan menerapkan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ ETLE) untuk pengendara sepeda motor. Lokasinya, yaitu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar.

"Sepanjang jalan itu akan berlaku tilang elektronik untuk motor, dan juga mobil yang sebelumnya sudah diterapkan," ucap Fahri saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

2. Deretan Motor Bebek yang Harga Bekasnya Anjlok

Setiap tahunnya terlihat peminat sepeda motor bebek semakin menurun. Kalah jauh dibandingkan dengan motor matik atau skuter matik (skutik). Hal tersebut yang menjadi salah satu anjloknya harga bekas beberapa motor bebek di Indonesia.

Di pasaran, jumlah motor bebek bekas juga tidak sebanyak skutik. Tim Kompas.com coba membuat daftar motor bebek dengan harga seken yang anjlok, dibandingkan dengan banderol barunya.

Namun, dengan catatan motor bebek yang masuk daftar, yaitu usia pemakaiannya sudah mencapai lima tahun.

3. Ini 5 Skutik Bekas yang Dijual di Bawah Rp 5 Jutaan

Sepeda motor matik atau skuter matik ( skutik), masih menjadi pilihan masyarakat, sekalipun usianya sudah terbilang tidak muda lagi. Apalagi, yang harganya sangat terjangkau alias murah.

Sebab, skutik dianggap sebagai motor paling praktis sekarang ini. Harga murah, meskipun kondisinya sedikit di bawah standar, asalkan surat-surat lengkap, pasti banyak dicari.

Berikut Kompas.com rangkum skutik bekas yang memiliki harga Rp 5 jutaan dari berbagai sumber.

4. Ini Motor Sport 150 cc yang Harga Bekasnya Anjlok

Sepeda motor sport berkubikasi mesin 150 cc, sekarang ini bisa dibilang sepi peminat, kalah dengan motor matik atau skutik. Tren ini membuat beberapa harga motor sport khususnya 150 cc menjadi anjlok.

Apalagi, jika ditambah dengan faktor-faktor lainnya, seperti sulit mencari jaringan diler, indennya lama, dan harga suku cadang mahal, atau mungkin desain dan performanya tidak berhasil menarik minat konsumen.

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, Suzuki GSX series yang paling jatuh harga bekasnya jika dibandingkan dengan motor sport 150 cc lainnya.

5. Bukan Pajangan, Ini Fungsi Tuas di Spion Tengah

Tidak sedikit pemilik mobil yang masih "buta" soal kegunaan beberapa fitur yang ada pada mobilnya. Padahal bila difungsikan, bisa sangat membantu saat berkendara.

Contoh seperti tuas kecil pada spion tengah yang ada di beberapa mobil. Walau selalu terlihat, tapi masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum mengerti kegunaanya.

Beberapa menggangap tuas tersebut hanya sekadar hiasan atau untuk menyetel posisi spion. Bahkan tak jarang pengendara wanita yang justru memanfaatkan untuk berdandan sebelum turun dari mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/23/060200915/-populer-otomotif-lokasi-tilang-elektronik-untuk-motor-skutik-bekas-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke