Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Rumah Mobil, Modalnya Rp 100 Jutaan

BOGOR, KOMPAS.com – Recreational Vehicle (RV) atau mobil rumah merupakan kendaraan wisata yang besar dan bisa jadi tempat beristirahat ketika dalam perjalanan keluar kota. RV sendiri untuk populasinya di luar negeri sudah banyak, namun trennya belum begitu banyak di Indonesia.

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya Group di Bogor mengatakan kalau RV baru populer kurang dari lima tahun terakhir.

Basis mobil paling kecil yang bisa dijadikan RV yaitu Gran Max Pick Up dan yang medium dengan sasis dari Mitsubishi, Isuzu, Toyota, dan Hino.

“Karoseri Delima Jaya bisa dikatakan pioneer pembuat RV. Untuk harga pembuatan RV yang kecil, belum termasuk mobilnya kisaran Rp 155-195 juta, untuk yang medium Rp 185-265 juta. Kisaran harga dengan gap yang besar dikarenakan bagaimana konsumen membuat spesifikasi interiornya,” kata Winston kepada Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Karoseri Delima Jaya juga menerima pembuatan RV yang basisnya mobil jadi seperti Toyota Hiace, Hyunda H-1, dan VW Transporter. Jika menggunakan mobil jadi, modifikasi yang dilakukan tidak terlalu banyak dan bisa menekan harga pembuatan RV.

“Kalau untuk mobil jadi, kita pasti modifikasi interiornya saja. Kalau eksterior paling atapnya dibuat lebih tinggi. Biaya untuk pembuatan RV dengan mobil jadi bisa di bawah Rp 100 juta. Namun nanti juga bagaimana costumer buat spesifikasinya, bisa lebih dari Rp 100 juta,” ucap Winston.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/22/120100715/bikin-rumah-mobil-modalnya-rp-100-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke