Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Pajangan, Ini Fungsi Tuas di Spion Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik mobil yang masih "buta" soal kegunaan beberapa fitur yang ada pada mobilnya. Padahal bila difungsikan, bisa sangat membantu saat berkendara.

Contoh seperti tuas kecil pada spion tengah yang ada di beberapa mobil. Walau selalu terlihat, tapi masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum mengerti kegunaanya.

Beberapa menggangap tuas tersebut hanya sekadar hiasan atau untuk menyetel posisi spion. Bahkan tak jarang pengendara wanita yang justru memanfaatkan untuk berdandan sebelum turun dari mobil.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari tuas pada spion tengah di dalam kabin tersebut. Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, menjelaskan, fungsinya untuk membantu meredam cahaya silau dari lampu kendaraan lain dari belakang.

"Bila kita berkendara di malam hari, suka ada pengendara di belakang yang gemar memainkan lampu jauh atau high-beam. Dalam kondisi tertentu itu bisa sangat menggangu kita karena pantulan cahayanya bila masuk kabin dan terpantul kaca spion tengah akan bikin silau," ucap Suparna kepada Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Guna menangkal silau dari pantulan lampu jauh mobil di belakang, pengendara cukup menekan tuas kecil tersebut. Alhasil, pancaran sinar lampu yang masuk ke kabin akan dibiaskan yang membuat intensitas cahaya berkurang.

Dengan demikian, pengendara tidak akan merasa terlalu silau, karena pantulan sinarnya sudah direduksi lebih dulu di kaca belakang mobil. Suparna mengatakan meski keberadaan tuas tersebut terlihat sepele, namun fungsinya sangat membantu dalam hal keselamatan berkendara.

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

"Tuas ini kebanyakan ada pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah pakai spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/22/094200915/bukan-pajangan-ini-fungsi-tuas-di-spion-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke