Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekspor Toyota Meningkat, Rush dan Fortuner Terlaris di Mancanegara

JAKARTA, KOMPAS.com – Industri otomotif Indonesia pada tahun lalu belum ada peningkatan berarti, pasar cenderung lesu dan penjualan menurun hingga dua digit. Hal yang berbeda justru terjadi di sektor ekspor yang mengalami peningkatan, khususnya dari merek Toyota.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatat pengiriman kendaraan utuh (Complete Built Up/CBU) bermerek Toyota mencatatkan capaian tertinggi selama 5 tahun terakhir.

Angkanya mencapai 208.500 unit, atau naik tipis dibandingkan volume ekspor tahun 2018 sebesar 206.500 unit.

Di antara sekian banyak model, ternyata Rush dan Fortuner jadi model paling diminati di mancanegara. Capaiannya secara berturut-turut yaitu 50.300 unit dan 45.300 unit pada 2019.

Model sedan Vios turut mendukung capaian positif ekspor CBU bermerek Toyota dengan volume 31.000 unit.

Sementara di segmen Multi-Purpose Vehicle (MPV), model-model andalan seperti Kijang Innova dan Avanza berhasil dikapalkan ke mancanegara dengan volume masing-masing 5.300 unit dan 28.900 unit.

Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT TMMIN, mengatakan bahwa mempertahankan dan meningkatkan performa eskpor bukanlah hal yang mudah.

“Karena menyangkut banyak faktor seperti daya saing baik daya saing produk, infrastruktur pendukung hingga regulasi,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com (20/2/2020).

“Karenanya kami berterima kasih atas dukungan dari semua pihak terutama pemerintah Indonesia yang selalu melakukan evaluasi terhadap sektor-sektor yang memengaruhi kegiatan ekspor nasional,” kata Warih.

Selain mengekspor kendaraan utuh, Toyota juga mengirimkan kendaraan terurai (Complete Knock Down/CKD) sebanyak 45.400 unit.

Juga mesin bensin dan etanol dengan tipe TR dan NR dengan total 123.600 unit, serta komponen kendaraan dengan volume 94,2 juta unit.

Untuk diketahui, saat ini produk ekspor Toyota telah merambah lebih dari 80 negara tujuan di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika dan Karibia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/20/172427115/ekspor-toyota-meningkat-rush-dan-fortuner-terlaris-di-mancanegara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke