Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Mengintai Pakai Aki Nonstandar Spesifikasi Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pabrikan sudah memperhitungkan dengan cermat berapa kebutuhan listrik untuk setiap produk. Masing-masing sepeda motor bisa saja memiliki kapasitas aki yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan kelistrikannya.

Setiap aki memiliki yang namanya tegangan dan kapasitas. Umumnya, aki untuk motor memiliki standar tegangan 12 V. Sedangkan untuk kapasitasnya, ada yang 2 Ampere hingga 8 Ampere.

Ampere adalah satuan yang menunjukkan kuatnya arus atau banyaknya arus listrik yang dapat mengalir. Semakin banyak ampere yang dialirkan, maka semakin besar juga beban kelistrikan yang mampu dihidupkan.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Sawangan, mengatakan, penggunaan aki yang nonstandar spesifikasi motor dapat menyebabkan beberapa masalah. Jika tegangan atau voltase tidak sesuai, akan terjadi arus pendek atau korslet.

"Jika ampere lebih besar dan perbedaannya tidak begitu jauh, mungkin akan lambat saja pengisian akinya. Jika amperenya diganti dengan yang lebih rendah, akan kurang maksimal dari segi penyuplaian arusnya. Contohnya, tidak kuat saat menggunakan electric starter," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Herman menambahkan, jika aki diganti dengan amperenya sangat jauh perbedaannya, ada kemungkinan kabel bisa terbakar. Maka itu, sebaiknya gunakan aki sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Dadan Danil, Technical Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, jika ampere lebih besar dibanding seharusnya dan digunakan dalam jangka panjang, dapat merusak sistem pengisian aki.

"Komponen generator atau spul yang jadi korbannya. Kalau naik hanya 1 ampere atau 1,5 ampere masih tidak masalah," kata Dadan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/15/094200215/bahaya-mengintai-pakai-aki-nonstandar-spesifikasi-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke