Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas | Mobil Baru yang Meluncur 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Datsun merupakan salah satu merek otomotif yang akan undur diri di pasar otomotif nasional mulai Januari 2020 ini. Nasib di pasar mobil bekas, ternyata sulit dicari baik oleh pedagang maupun pembeli.

Selain itu, informasi yang cukup menarik perhatian masyarakat, yakni tentang daftar mobil baru yang akan meluncur sepanjang 2020.

Penasaran seperti apa artikel lengkapnya, berikut lima artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 9 Januari 2020:

1. Usai Banjir, Pemilik BMW Malah Ingin Tukar Tambah Mobil Baru

Ketimbang mengganti biaya perbaikan yang tidak sedikit, beberapa pemilik BMW yang terkena musibah banjir beberapa waktu lalu ingin melakukan trade in atau tukar tambah kepada BMW Astra.

Fredy Handjaja CEO BMW Astra, mengatakan, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena menyangkut standar mobil bekas. Sebab divisi BMW Astra Used Car tidak menerima dan menjual mobil yang pernah terkena banjir.

“Beberapa pemilik menyampaikan ingin melakukan tukar-tambah kendaraannya dengan yang baru, namun dengan berat hati kami sampaikan untuk hal ini divisi used car kami tidak bisa menerimanya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (6/1/2020).

2. Komentar Mitsubishi, Soal Triton Amfibi Milik BPBD Gresik

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Gresik memiliki mobil amfibi hasil modifikasi yang dilakukan oleh karoseri Tugasanda. Mobil khusus ini dibangun menggunakan basis pikap kabin ganda, Mitsubishi New Triton GLS MT berpenggerak 4WD.

Intan Vidiasari, Deputy General Manager Coordination and Development Office PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI), mengatakan, Triton yang berpenggerak roda 4WD memang memiliki daya jelajah yag lebih kuat dibandingkan mobil penumpang biasa.

"Triton juga di mana-mana dipergunakan untuk fleet, di medan-medan yang berat, seperti perkebunan, pertambangan, dan lainnya," ujar Intan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

3. Harga Mobil Bekas Datsun Mulai Rp 60 Jutaan, Tertarik?

Permintaan Datsun bekas jumlahnya tidak sebanyak LCGC (Low Cost Green Car) lainnya. Hal ini membuat harga jual Datsun sedikit lebih murah dibandingkan model-model seperti Agya-Ayla, Calya-Sigra, Brio Satya, maupun Wagon R.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan jika pedagang mobil bekas agak jarang mendapatkan Datsun, baik untuk model Go Panca, Go+, atau Go Cross.

“Kalau dibandingkan Calya atau Sigra, Datsun populasinya memang tidak banyak. Jadi yang jual juga jarang, belum tentu sebulan sekali ada,” katanya kepada Kompas.com (9/1/2020).

4. Nasib Datsun di Pasar Mobil Bekas, Sulit Dicari

Datsun jadi produk LCGC (Low Cost Green Car) yang penjualannya tidak terlalu menggembirakan dibanding merek lainnya. Hal jadi salah satu sebab mengapa Datsun bakal menghentikan penjualannya di Indonesia.

Penjualan Datsun yang sedikit ini berimbas di pasar mobil bekas. Model-model Datsun disebut agak jarang ditemukan dibanding LCGC lainnya.

“Populasinya tidak terlalu banyak, jadi yang jual juga jarang. Kalau dibandingkan dengan Calya atau Sigra, bisa 1:10 (perbandingannya), memang sedikit jarang dan kelihatan,” ujar Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, kepada Kompas.com (9/1/2020).

5. Prediksi Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang 2020

Memasuki 2020 beberapa agen pemegang merek (APM) roda empat sudah menyiapkan jajaran produk baru yang akan segera dirilis di pasar otomotif Indonesia.

Modelnya pun cukup beragam, dari mobil konvensional sampai mobil ramah lingkungan seperti hybrid dan full listrik. Sedangkan untuk jenisnya sendiri, ada yang sedan, MPV, sampai sport utility vehicle (SUV).

Bagi yang penasaran, berikut rangkuman prediksi mobil baru yang siap meramaikan pasar Indonesia sepanjang tahun ini:

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/10/060200415/-populer-otomotif-nasib-datsun-di-pasar-mobil-bekas-mobil-baru-yang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.