Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 5 Mobil Bekas yang Paling Banyak Dibeli

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas masih menjadi pilihan bagi masyarakat, karena selain masalah harga lebih murah, tentunya secara kualitas juga tidak kalah bagus dengan yang baru. Apalagi sekarang ini pilihannya cukup beragam, sehingga konsumen punya banyak opsi ketika ingin membeli.

Secara pasar, di Indonesia ini cenderung suka dengan mobil yang punya kapasitas penumpang banyak. Misal, kelas kendaraan multi guna alias multi purpose vehicle (MPV).

Sebab, masyarakat di Tanah Air ini senang berpergian dengan keluarga sehingga membutuhkan mobil yang bisa menampung banyak orang. Terbukti dari penjualan mobil baru, segmen LMPV menyumbangkan porsi paling besar, yakni di atas 20 persen dari total pasar.

Lantas, bagaimana untuk pasar mobil bekas terutama di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya? Mobil apa yang paling banyak dicari pembeli atau cepat larisnya?

Menjawab itu semua, KOMPAS.com bertanya kepada beberapa pedagang di bursa mobil bekas yang berada di Ibu Kota.

Teddy, salah seorang pemilik diler mobil bekas di WTC Mangga 2, Jakarta Utara mengatakan, kalau secara segmen jelas MPV yang paling banyak dicari oleh konsumen.

"Kalau mobil yang paling laris atau yang cepat lakunya lagi, dalam beberapa tahun terakhir ini seperti Avanza, Innova, Jazz, Yaris, dan Grand Livina," ujar Teddy ketika dihubungi KOMPAS.com, Rabu (8/1/2020).

Menurut dia, kelima mobil itu paling cepat dijualnya lagi, karena konsumen banyak yang mencari. Rentan tahunnya, mulai 2005 hingga 2012-2014.

"Karena harganya juga sudah mulai terjangkau antara Rp 100 jutaan hingga maksimal Rp 150 jutaan. Jadi model-model itu yang paling banyak dan cepat lakunya lagi dibeli konsumen," ucap dia.

Selain Teddy, Rizal yang merupakan pedagang mobil bekas di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan, model seperti Avanza, Xenia, Innova, Agya-Ayla, Sigra-Calya cukup menjadi favorit pembeli.

"Pokonya kalau ada yang jual itu, dalam hitungan hari atau maksimal satu pekan sudah laku lagi dibeli konsumen. Balik lagi ke harga, karena relatif terjangkau mulai Rp 90 jutaan sampai maksimal Rp 150 jutaan sudah bisa dapat mobil yang kualitasnya bagus, terus kapasitasnya banyak," kata Teddy kepada KOMPAS.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/09/063200315/ini-5-mobil-bekas-yang-paling-banyak-dibeli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke