Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat Ini Waktu Penerapan Perluasan Tilang Elektronik

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar menjelaskan, untuk persiapan perluasan pemberlakukan tilang elektronik masih dalam proses. Proses ini akan rampung dalam waktu dekat sehingga segera bisa dimulai dengan melakukan uji coba.

“Tahun ini kami sudah mulai melakukan perluasan untuk penerapan tilang elektronik. Setelah proses instalasi selesai nanti akan dilakukan uji coba alat baru tersebut,” katanya saat dihubungi KOMPAS.com, Senin (6/1/2020).

Fahri menambahkan, uji coba diperlukan untuk memastikan kesiapan alat baru yang dipasang disejumlah ruas jalan tersebut. Jika nantinya dirasa sudah siap digunakan, maka pemberlakuan tilang elektronik sudah bisa dimulai.

“Kita lihat dulu alatnya sudah bisa digunakan belum. Kurang lebih kami perkirakan akhir bulan ini (Januari) sudah siap diterapkan,” ucapnya.

Ditanya mengenai persiapan yang lainnya, Fahri menambahkan, untuk perluasan ini hanya untuk pemasangan alat baru saja. Sedangkan untuk konsep dan pelaksanaannya sudah siap semuanya.

“Kalau untuk konsep dan pelaksanaannya sudah matang semuanya. Tinggal penyesuaian dan pengadaan untuk tahap keduanya. Kan ini hanya perluasan atau pengembangan penerapan tilang elektronik saja,” katanya.

Nantinya, beberapa sasaran yang bisa terdeteksi menggunakan ETLE diantaranya adalah pelanggaran rambu dan marka, pelanggaran terhadap kawasan ganjil genap. Selain itu juga pelanggaran safety atau seat belt dan juga penggunaan perangkat elektronik seperti handphone dan lainnya.

Seperti dikutip dari NTMCPolri menyebutkan sejumlah kamera itu akan dipasang di sejumlah titik. Diantaranya, Kota Tua sampai dengan Harmoni, kemudian Medan Merdeka Barat, Thamrin, Sudirman, dan Blok M.

Selain itu juga akan dipasang di ruas Grogol dan Gatot Subroto sampai ke Halim. Selanjutnya, di kawasan Rasuna Said, Kuningan, dari mulai Cawang hingga Cempaka Putih.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/06/155000515/catat-ini-waktu-penerapan-perluasan-tilang-elektronik

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.