Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Bagian Vespa Klasik yang Sering Keropos

SOLO, KOMPAS.com- Merawat vespa klasik 2 tak bisa dibilang susah-susah mudah. Berkat bodi yang hampir seluruhnya terbuat dari besi tentunya tidak mungkin bisa pecah.

Meski begitu, bukan berarti bodi motor asal Italia ini bebas dari masalah. Hal ini karena bodinya terbuat dari besi maka musuh utamanya adalah karat.

Apalagi, jika vespa sering terkena air. Sehingga, ketelitian dalam merawatnya pun harus dilakukan agar jangan sampai bodi motor klasik kesayangan menjadi keropos.

Pemilik bengkel restorasi vespa di Solo, Mulyono atau yang akrab disapa Lik Mul (46) mengatakan, beberapa bagian vespa klasik yang sering keropos adalah bagian lantainya.

“Kalau yang banyak saya tangani adalah penggantian lantai. Karena, bagian tersebut memang sering keropos karena sering terkena air,” katanya saat ditemui KOMPAS.com di bengkelnya, Sabtu (28/12/2019).

Lik Mul menambahkan, selain bagian lantai bagian lain yang juga sering keropos adalah bagian spakbor belakang. Hal ini karena bagian tersebut memang tersembunyi sehingga sulit terdeteksi.

“Bagian itu sulit dijangkau, jadi tidak terpantau dan tahu-tahu sudah berkarat. Ya yang paling banyak keroposnya yaitu di bagian lantai dan juga di spakbor,” ucap dia.

Lik Mul menambahkan, jika kondisi keropos terbilang masih kecil kemungkinan bisa ditambal. Tetapi, jika kondisi sudah terlalu parah mau tidak mau harus dilakukan pergantian menggunakan bahan baru.

“Ya kalau masih kecil bisa ditambal, tapi kalau lantai biasanya sudah parah dan harus diganti dengan plat baru lagi,” katanya.

Untuk bahan lantai vespa klasik banyak tersedia di toko-toko khusus vespa. Sehingga, jika ingin diganti tinggal membeli kemudian diseting ulang agar sesuai seperti aslinya.

“Kalau untuk restorasi atau pergantian juga harus dicenter bodinya dulu. Hal ini untuk mengantisipasi jika nantinya bodinya menjadi tidak lurus,” katanya.

Setelah selesai diganti, lanjut Lik Mul bodi masih harus dipastikan lurus. Hal ini agar saat dikendarai masih nyaman.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/29/112200215/kenali-bagian-vespa-klasik-yang-sering-keropos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke