Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknik Cuci Mobil Kilap Tanpa Air, Amankah buat Bodi Mobil?

BOGOR, KOMPAS.com – Mencuci mobil adalah salah satu cara untuk merawat kendaraan. Karena musim hujan dan liburan yang bersamaan ini, pemilik mobil ingin kendaraannya tetap terlihat bersih walaupun tetap terkena hujan.

Seiring perkembangan teknologi, lahirlah solusi mencuci mobil tanpa air. Proses pencucian menggunakan cairan buatan Indonesia yang disemprotkan lalu dilap dengan microfiber.

Selain membersihkan kotoran, cairan yang disemprotkan juga melapisi bodi mobil sehingga lebih mengkilap.

Riva F Hassan, founder dari Auto Clean Waterless, mengatakan, kalau proses pencucian tidak menggunakan air dan hanya dengan cairan yang Auto Clean produksi.

Cairan yang dimiliki Auto Clean memiliki kandungan carnauba wax dan sealant.

“Proses pencuciannya tinggal semprot dan dilap aja mas, cairan Auto Clean membantu mengangkat kotoran yang menempel pada bodi jadi tinggal di lap dengan microfiber, mobil menjadi bersih dan mengkilap,” kata Riva kepada Kompas.com belum lama ini.

Proses pengerjaan dari 40 menit sampai 4 jam, tergantung paket yang diambil. Hal tersebut sangat pas ketika pemilik kendaraan membutuhkan cuci mobil yang cepat dan yang pasti hemat air.

Lalu apakah pencucian dengan metode ini aman untuk cat bodi mobil?

Pencucian dengan cara kilat seperti ini baiknya menggunakan produk wax yang berbahan dasar carnauba. Christopher Sebastian, presiden direktur Makko Group mengatakan proses pengkilapan sebaiknya menggunakan produk wax karena aman untuk cat mobil.

"Wax yang berbahan dasar carnauba selain aman untuk cat bodi, bisa membuat warna menjadi kinclong dan melindungi dari sinar UV yang bisa membuat warna menjadi kusam," kata Christopher kepada Kompas.com belum lama ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/26/160248015/teknik-cuci-mobil-kilap-tanpa-air-amankah-buat-bodi-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke