Salin Artikel

Fasilitas Uji Tabrak di Indonesia Termasuk buat Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan fasilitas crash test atau uji tabrak yang direncanakan pada 2020 mendatang juga meliputi kendaraan listrik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, proyek yang dianggarkan sebesar Rp 1,6 triliun ini, tidak hanya akan dimanfaatkan untuk kendaraan konvensional saja. Tapi juga kendaraan listrik berbasis baterai.

"Fasilitasnya seperti miniatur jalanan pada umumnya yang ada seperti tanjakkan, jalanan bumpy, lintasan licin, hingga lintasan yang digenangi air. Ini termasuk untuk kendaraan listrik," ujarnya kepada KOMPAS.com, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Meski demikian, Budi mengaku bahwa fasilitas yang akan dibangun di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Bekasi, Jawa Barat ini belum ditentukan tarifnya.

"Belum. Nanti anggaran pembangunannya ini akan kita lelang dengan berkerja sama KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)," katanya.

Melalui fasilitas ini, ia berharap semua kendaraan yang dipasarkan di Tanah Air, baik yang diproduksi dalam negeri maupun impor, semakin terjamin kualitasnya.

"Calon pengguna juga bisa mendapat informasi lengkap terkait kendaraannya. Penganggaran akan kita mulai pada Januari 2020," ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/20/104400415/fasilitas-uji-tabrak-di-indonesia-termasuk-buat-mobil-listrik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.