Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Kebiasaan Musiman Biker Ketika Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan yang sedang terjadi saat ini memang tidak bisa dihindari, termasuk di Jakarta. Bagi pengendara sepda motor memang harus menyiapkan motor dan jas hujan agar tidak mengganggu jalannya aktivitas.

Selain menyiapkan jas hujan, cara mengendarai motor juga harus disesuaikan agar selamat dalam perjalanan. Kondisi jalan yang berbeda antara kering dan basah menjadi alasannya.

Agus Sani, kepala instruktur safety riding dari Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, bahwa dalam kondisi hujan, perhatikan cara berkendara yang aman.

Ketika menerabas hujan sebaiknya tidak menggunakan jas hujan model ponco. Gunakanlah jas hujan model atasan dan bawahan karena lebih aman terhindar dari bahaya seperti jas hujan tersangkut di rantai atau kendaraan lain.

“Penggunaan jas hujan model atasan dan bawahan agar lebih aman.” Ucap Agus kepada Kompas.com,  (15/12/2019).

Selanjutnya yaitu tempat berteduh ketika hujan. Berhentilah di tempat yang aman seperti di mini market, SPBU, atau ruko-ruko yang memiliki lahan parkir. Kebanyakan pengendara motor masih berteduh di tempat yang berbahaya.

“Jangan berhenti atau berteduh di tempat yang berbahaya dan menimbulkan kemacetan, misalnya di kolong fly over,” kata Agus.

Agus mengatakan, bahwa ketika berkendara harus mengurangi kecepatan ketika jalan hujan. Kecepatan lebih lambat tapi konstan lebih baik ketimbang ngebut, karena ketika harus mengerem, kondisi aspal basah bisa menyebabkan slip ban motor.

“Karena dalam kecepatan tinggi jika kita melakukan pengereman dalam kondisi jalan basah akan berbahaya,” ucapnya.

Selanjutnya adalah perilaku nyeleneh yang kadang masih dilakukan oleh pengendara di Indonesia, yaitu menggunakan payung ketika mengendarai motor. Padahal sudah diketahui jika payung hanya bisa digunaka pejalan kaki, tetap digunakan pengendara motor.

“Pengendara tidak punya konsentrasi, karena terbagi antara menjaga keseimbangan motor dengan memegang payung. Belum lagi jika ada angin berhembus, sangat berbahaya,” ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/17/082200215/hindari-kebiasaan-musiman-biker-ketika-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke