Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Hyundai Ioniq Mengaspal Tahun Depan, Dijadikan Unit Grab

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 20 mobil listrik Hyundai Ioniq telah diboyong Grab Indonesia untuk menyambut era elektrifikasi di Indonesia. Mobil akan mengaspal mulai Januari 2020 di DKI Jakarta.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kehadiran mobil listrik berkapasitas baterai 38 kwh yang mampu menempuh perjalanan 380 kilometer ini merupakan wujud kerja sama antara Grab Indonesia dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

Kendaraan akan dinamakan Grab Car Electric Vehicle dengan status ASK (angkutan sewa khusus) taksi online berplat hitam. Artinya, Ioniq bisa dinikmati masyarakat Indonesia lewat pemesanan di aplikasi grab.

"Jadi konsumen bisa mendapatkan ini di tempat-tempat yang sudah disediakan. Kami bagian dari ekosistem untuk bisa mendorong kendaraan berbasis listrik. Grab car EV memulai debut di Januari nanti," kata Ridzki di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Untuk bisa mendapatkan Grab Car EV, menurut Ridzi, nantinya sama dengan Grab Car pada umumnya. Namun unit hanya ada di dekat-dekat SPKLU yang telah tersedia.

"Terkait tarif, sama dengan Grab Plus," katanya.

Grab Indonesia menargetkan mobil asal Korea Selatan ini bisa tersedia hingga 500 unit sampai akhir tahun 2020. "Berdasarkan kapasitas baterainya, ini cocok sekali untuk Jabodetabek," ujar Ridzki.

Selain itu, pihak Grab Indonesia juga akan melakukan uji coba motor listrik sebanyak 20 unit, berkerja sama dengan Astra Honda Motor (AHM) dan Gesits. Bedanya, unit akan didapatkan secara acak.

"Sembari berjalan pilot ini, kami juga akan melihat bagaimana penggunaan motor listrik mulai dari penghematannya sampai charging listrik," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/13/184100015/mobil-listrik-hyundai-ioniq-mengaspal-tahun-depan-dijadikan-unit-grab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke