Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Datsun Mau Hengkang dari Indonesia, Harga Mobil Bekasnya Bisa Anjlok?

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga mobil bekas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari tren saat ini, kehadiran mobil baru, hingga faktor tidak diproduksinya lagi sebuah produk. Ketiga hal tersebut sedikit banyak memberikan dampak langsung bagi banderol mobil seken.

Seperti harga mobil merek Jepang, Eropa, atau Amerika yang langsung terjun bebas setelah APM-nya mundur dari Indonesia. Datsun yang diperkirakan bakal discontinue tahun depan, juga dihantui masalah yang sama.

“Contohnya sudah banyak mulai dari Ford, Chevrolet, kemudian Mazda juga kan sekarang bukan dipegang APM langsung tapi hanya distributor resmi, itu harga bekasnya cenderung jatuh,” ujar Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, kepada Kompas.com Selasa (26/11/2019).

Herjanto mengatakan, depresiasi atau penyusutan harga jual mulai terjadi setelah produk baru diterima konsumen. Contoh untuk merek-merek Jepang, dalam setahun pertama mobil itu langsung terdepresiasi 20 sampai 25 persen.

Sementara merek-merek Eropa atau Amerika Serikat lebih besar lagi. Penyusutannya bisa mencapai 25 hingga 35 persen, bahkan lebih, jika produk tersebut terkendala di harga spare part atau pajak yang mahal.

“Setiap tahun itu akan bertambah 5 persen, dengan adanya produk yang discontinue kayak Datsun itu bisa langsung anjlok 40 persen. Contohnya itu seperti Ford kemarin,” katanya.

Herjanto menerangkan, jadi semisal harga Datsun saat dibeli dihargai sekitar Rp 100 juta, nanti saat discontinue harga bekasnya tinggal Rp 60 juta.

Meski begitu, harga tersebut masih bisa terkoreksi sedikit jika mobil berada dalam kondisi yang baik. Sebab faktor perawatan juga jadi penentu banderol mobil bekas di pasaran.

“Nanti akan dilihat lagi kondisi mobilnya, kalau untuk tahun 2017 atau 2018 dengan kondisi yang bagus kan tidak mungkin serendah itu. Lagian bengkel Nissan masih ada, jadi perawatannya masih terjamin sepertinya,” ujar Ramlan Damanik dari showroom Dian Auto di Kelapa Dua Depok.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/26/134200715/datsun-mau-hengkang-dari-indonesia-harga-mobil-bekasnya-bisa-anjlok-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke