Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Langsung Sistem Anti-tabrakan Honda di Sirkuit Motegi

MOTEGI, KOMPAS.com - Honda Sensing, sebuah rangkuman teknologi yang dikembangkan Honda, untuk menambah keamanan dan keselamatan berkendara. Salah satu fitur yang dimiliki Honda Sensing adalah CMBS (Collision Miligation Braking System).

CMBS ini fitur yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan depan, baik dengan kendaraan lain, objek diam sampai yang paling penting fitur yang bisa mencegah tabrakan dengan pejalan kaki.

Kompas.com berkesempatan menjajal langsung CMBS dari Honda Sensing ini di area test drive Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang, Kamis (24/10/2019), menggunakan kei car Honda N-Box, sebagai bagian dari perjalanan ke Tokyo Motor Show 2019.

Sebagai informasi, Honda Sensing sebenarnya sudah diperkenalkan di Indonesia yang menjadi unggulan pada sedan medium Honda Accord. Sedan ini juga sudah diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu.

Makoto Otabe dari Honda R&D Jepang menjelaskan, CMBS adalah sistem yang akan memindai kondisi lalu lintas di depan kendaraan menggunakan radar dan kamera.

"Terdapat peringatan ketika sistem menentukan kemungkinan tabrakan dengan kendaraan yang terdeteksi. Jika sistuasi tidak dapat dihindari, CMBS dapat menerapkan berbagai tingkat tindakan pengereman otomatis. Ini memiliki kinerja mitigasi tabrakan yang sama untuk pejalan kaki atau kendaraan lain yang melaju," kata Otabe.

Arena uji fitur anti-tabrak ini berupa trek lurus sejauh sekira 200 meter, lalu di ujungnya ada dummy dari bokong mobil lain.

Awak Kompas.com mendapat urutan pertama dari tes ini. N-Box transmisi otomatis langsung dikendarai dengan kecepatan sedang 40 kpj, lalu sesaat mendekat ke objek diam (dummy mobil) pedal gas dilepas.

Seakan-akan memang bakal terjadi tabrakan, namun beberapa saat sebelum terjadinya tumbukan, mobil otomatis melakukan pengereman mendadak dan berhenti tepat sebelum terjadi tabrakan, sekira 30 cm jarak antara bemper depan dengan objek diam tersebut.

Fitur ini sangat berguna untuk perjalanan dalam kota yang padat kendaraan. Tentunya ini sebagai upaya Honda untuk menambah keamanan dan keselamatan berkendara, dengan situasi atau kondisi jalan yang tidak pernah bisa kita prediksi sebelumnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/24/200200915/menjajal-langsung-sistem-anti-tabrakan-honda-di-sirkuit-motegi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke