Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Masih Berharap Bisa Ekspor ke Vietnam

TANGERANG, KOMPAS.com - Selain Timur Tengah wilayah ASEAN merupakan pasar terbesar ekspor mobil buatan Indonesia. Vietnam yang menerapkan pembatasan impor lewat pajak konsumsi bakal berdampak pada ekspor mobil Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN), mengatakan, Toyota berharap pajak konsumsi tersebut tidak akan menggangu kinerja ekspor Toyota ke Vietnam.

"Sebenarnya treat barrier atau apapun, akan didiskusikan lebih lanjut. Masing-masing negara pasti punya kepentingan, misalnya kita dengan Vietnam pasti pak menteri (Menteri Perdagangan bilang) jangan (dipersulit). Kita juga punya impor dari Vietnam, masa mau saling barrier.," kata Warih yang ditemui di Tangerang, Rabu (16/10/2019).

Warih mengatakan, soal ini Indonesia dan Vietnam pasti ada permbicaraan. Toyota tetap optimis bahwa perdagangan akan tetap baik karena hal ini bagian dari kehidupan negara bertetangga.

"Belum final. Soal itu juga sedang dibicarakan. Sebab masing-masing negara kan ada ekspor dan impor. Tidak mungkin satu negara mengurangi impor saya, ya kalau mengurangi impor saya dikurangi ekspor juga, ya pasti ada juga itunya," kata Warih.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Bidang Perjanjian Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI Rico Nugrahatama, mengatakan, sekitar 53 persen dari seluruh ekspor Indonesia berada di ASEAN.

Sementara pangsa pasar Vietnam mencapai 7,8 persen, dengan nilai ekspor sebesar 586.514 dolar AS pada 2018. Vietnam sendiri masuk dalam tiga besar paling banyak, setelah Filipina dan Thailand.

Berdasarkan data Kemendag, valuasi ekspor Indonesia ke Vietnam selalu meningkat dari tahun ke tahun sejak 2014. Pada 2014, nilai ekspor di sektor industri pengolahan kendaraan mencapai angka 5,2 juta dolar AS. Lantas angkanya menjadi 7,5 juta dolar AS tahun 2018 atau meningkat sekitar 44 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/17/124100615/toyota-masih-berharap-bisa-ekspor-ke-vietnam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke