Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Dekat dengan Sedan Miliaran Rupiah BMW Seri 7

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia resmi merilis sedan mewah terbarunya di Indonesia, yakni The New Seri 7 Long Wheelbase. Mobil hasil rakitan lokal di Gaya Motor Sunter ini dihadirkan dalam dua varian, yakni 740Li Opulance dan 730Li M Sport.

Perbedaan paling mendasar dari model Seri 7 yang sudah ada ditunjukan dari karakter desain yang lebih kuat. Mulai dari kidney grille yang tampil mendominasi dengan ukuran lebih besar, sampai tarikan garis tajam pada bagian kap mesinnya.

BMW juga menaikkan tinggi bagian depan titik tengah sebesar 50 mm guna memberikan visual yang lebih tegas. Sementara untuk lampu utama sedikit dibuat ramping agar menghasilkan penampakan yang lebih selaras.

Singkatnya, visual baru yang dihadirkan pada sedan miliaran rupiah ini berupa apron, kap mesin, kidney grill, lampu utama, panel sisi, serta bumper dan lampu di bagian belakang.

Sementara untuk air intake di bawah apron juga telah dilapis deflectrors yang berguna memandu pergerakan udara secara efisien untuk memimalkan turbulensi pada sektor lengkungan roda. Bagian kisi udara juga lebih tinggi dan strip trim membentuk sudut 90 derajat menyatu dengan fender.

Pada varian 740Li Opulence, BMW menyematkan pelek 20 inci W-spoke style 646 dengan profil ban medium yang nampak serasi. Tampilan luarnya mengusung konsep Pure Excellece, sementara untuk knalpot dintegrasikan dengan desain krom yang lebih besar dan lampu belakang tiga dimensi.

Selanjutnya untuk 730Li M Sport, karakteristiknya dibuat lebih sporty dengan paket M Sport serta pelek light-alloy sebesar 20 inci star-spoke 817 M melalui sentuhan bi-colour. Adanya air inlet yang lebih besar membuka brackets berbentuk huruf C.

Interior

Masuk ke dalam Interior, keduanya sama-sama dimodali sisi kemewahan dan suasana cozy yang nyaman. Tampilan premium di hadirkan pada New 7 pada sentuhan eksklusif pada tiap sisinya, seperti headliner Alcantara, door sill Fine Brushed Alumunium, jahitan dekoratif dengan bahan Nappa Leather dan diperkuat dengan sentuhan-sentuhan lainnya.

Tiap jok BMW 740Li Opulance juga telah terbungkus dengan lapisan Nappa melalui detail jahitan Cognac atau Mocha yang dipadankan sentuhan hitam. Struktur tiga dimensi ditonjolkan melalu cushion depan dan belakang serta sandaran belakang dan tangan.

Baris keduanya mengambil tema Executive Lounge yang dirancang guna memaksimalkan keamanan dan kenyaman. Penumang juga bisa mengatur sendiri beberapa fitur yang ada, seperti four-zone automatic clmate control, penyetelah bangku elektrik, dan menikmati perjalanan dengan fitur kursi pijat.

Beralih ke perangkat hiburan, terdiri dua layar sentuh 10 inci, setelah itu hadirnya BMW Touch Command baru berbentuk tablet yang dapat dilepas dengan layar diagonal 7 inci. Dari fitur tersebut, pemilik bisa mengoperasikan segala fungsi seperti penyesuaian bangku, pencahayaan kabin, suhu udara, navigasi, sistem hiburan, dan komunikasi.

Bowers & Wilkins Diamond surrond souns system hadir dengan 10-channel amplifier 1400 W dan 16 speaker yang siap menemani perjalanan di dalam kabin.

Sementara untuk versi M Sport, headliner dibungkus Anthracite, sementara untuk kemudi dari BMW M leather bersama door sill plates. Paling menonjol adalah pengaturan modifikasi dari tombol multifungsi, sementara lokasi pengisian daya ponsel nirkabel kini diletakan di bagian depan cupholders.

Performa

BMW membekali Seri 7 baru dengan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin enam dan empat silinder.

Keduanya sudah disandingkan dengan sistem transmisi 8 percepatan dengan gearshift peddle serta BMW TwinPower Turbo terbaru yang telah dilengkapi turbocharging, high precision injection, Double-Vanos variable camshaft control, dan valvetronic fully variable timing.

BMW 740Li Opulence mengusung mesin enam silinder 3.000 cc. Mesin tersebut diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 340 tk dan torsi 450 Nm. Tenaga tersebut lebih tinggi 14 tk dibandingkan model sebelumnya, dan mamiliki kecepatan maksimum hingga 250 kpj.

Sementara untuk 730Li M Sport, bermodalkan mesin empat silinder 2.000 cc dengan peningkatan tenaga 7 tk lebih tinggi dari model sebelumnya. Kini dayanya mencapai 265 tk pada 5.500-6.500 rpm, sementara torsi maksimum 400 Nm dengan kemampuan melesat dari titik 0-100 kpj dalam waktu 6,3 detik.

Bicar soal fitur, tak lagi dipertanyakan. Ragam teknologi canggih sudah diadopsi pada kedua sedan mewah ini. Mulai dari Remote Control Parking pda 740Li Opulance, Parking Assistant 2.0, serta Reversing Assistant.

Harga

Mobil rakitan Sunter ini diluncurkan dengan harga yang masih dalam status off the road, yakni Rp 2.299.000.000 untuk 740Li Opulance dan 1.829.000.000 untuk 730 Li M Sport yang baru akan tersedia pada Desember 2019.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/11/082200215/lebih-dekat-dengan-sedan-miliaran-rupiah-bmw-seri-7

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke