Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kendaraan Listrik Pacu Penurunan Impor BBM di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengusung tema Keberlanjutan Sektor Ketenagalistrikan Dalam Menghadapi Era Industri 4.0,  Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) resmi menggelar seminar Hari Listrik Nasional (HLN) ke-74 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (9/10/2019).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, yang datang membuka acara mengatakan bila listrik harus bisa menjadi tenaga terbarukan. Hal ini berguna untuk menekan impor minyak mentah olahan BBM.

"Paling tidak impor minyak mentah kita yang untuk BBM tidak naik atau stagnan, syukur-syukur bisa berkurang," ucap Jonan saat membuka Hari Listrik Nasional di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Tidak hanya itu, Jonan juga meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menjadi pelopor mengenai inovasi perkembangan energi terbarukan dari segala sektor.

Seperti mengganti sumber pembangkit energi dari batu bara, sampai inovasi infrastruktur bagi kendaraan listrik yang saat ini sedang ramai digembor-gemborkan.

Dengan maraknya kendaraan listrik, akan sangat memberikan dampak yang besar bagi penurunan emisi gas buang di sektor lingkungan dan penggunaan BBM. 

"Harusnya saat ramai soal kendaraan listrik itu yang sibuk-sibuk mengurus bukan hanya dari ESDM dan Kemenhub, tapi PLN juga. Jadi saya harap PLN bisa jadi pelopor untuk penyediaan tenaga listrik," ujar Jonan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/09/182000215/kendaraan-listrik-pacu-penurunan-impor-bbm-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke