Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta | Produsen Otomotif Lari ke Vietnam

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga MPV murah di bawah Rp 200 juta masih menjadi pilihan masyarakat dalam membeli mobil. Apalagi karakter konsumen di Indonesia itu sendiri lebih suka dengan mobil yang mampu menampung banyak orang.

Selain itu, informasi yang tak kalah menariknya lagi seputar produsen otomotif mulai beralih ke Vietnam. Salah satunya, Mitsubishi ikut memproduksi Xpander di negara itu, padahal Vietnam sendiri merupakan salah saatu tujuan ekspor Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Selasa 8 Oktober 2019.

1. Penjualan Xenia Kian Merosot, Ini Kata Daihatsu

Disesaki oleh banyak pemain, pertarungan di kelas Low MPV sangat ketat. Daihatsu Xenia yang punya nama pun ikut merasakannya. Penjualanya terus merosot dari hitungan bulanan.

Mengutip data Gaikindo, penjualan mobil keluarga andalan Daihatsu ini, periode Juli 2019. hanya 675 unit, Agustus justru tambah merosot jadi 462 unit. Penjualannya kalah dari pemain baru asal China, Wuling Confero.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan, jeleknya penjualan Xenia karena jumlah produksinya sedikit mengalah untuk pasar ekspor.

2. Menu MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Memasuki bulan ke-10, rata-rata harga mobil baru mulai direvisi akibat kenaikan pajak bea balik nama (BBN) di DKI Jakarta. Termasuk juga pada segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) atau MPV murah.

Bila pada awal bulan lalu pilihan MPV murah masih cukup banyak, saat ini konsumen yang memiliki dana di bawah Rp 200 juta dan sedang mencari MPV murah, pilihannya tinggal tersisa empat merek saja, yakni Toyota, Daihatsu, Wuling, dan Honda.

Untuk Suzuki Ertiga saat ini harga tipe terbawahnya sudah naik sebesar Rp 5 juta. Varian termurahnya kini dipasarkan sebesar Rp 201 juta dari sebelumnya hanya Rp 196 juta.

3. Daihatsu Rancang Mesin 1.0 Liter Turbo Buat Mobil Anak Muda?

Daihatsu Thor tertangkap sedang uji jalan di ruas tol. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) pun mengonfirmasi bahwa mobil berbentuk kotak (boxy) itu tidak akan meluncur di Indonesia.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan, tes yang dilakukan Thor ialah untuk studi sejauh mana keunggulan mesin 1.0 liter turbo dibandingkan mesin konvensional.

Kendati pertanyaan soal kehadiran Thor sudah dijawab, tapi membuka pertanyaan baru yaitu Daihatsu sedang mengembangkan mesin kecil dengan induksi turbo. Jadi nanti mesin itu akan dipakai di model yang sesuai.

4. Pilihan Mobil dengan CVT di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Hampir semua jenis mobil baru mengalami revisi harga di Oktober 2019. Kondisi ini lantaran Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBN-KB) untuk Jakarta yang naik dari 10 persen menjadi 12,5 persen.

Kondisi ini juga berlaku pada beberapa pilihan mobil murah dengan teknologi continously variable transmission alias CVT. Namun jangan khawatir, karena meski demikian, harganya masih tetap di bawah Rp 200 juta.

Untuk modelnya juga tidak ada perbedaan dengan yang ditawarkan bulan lalu, yakni dari segmen city car dan mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car ( LCGC).

5. Banyak Kasus Gagal, Daihatsu Tolak Pasarkan Thor di Indonesia

Daihatsu Thor yang sempat terlihat jalan-jalan di Indonesia hanya sekadar tes jalan. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan tidak akan memasarkannya di Indonesia.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan, pihaknya tidak tertarik merilis Thor di Indonesia, karena melihat banyak produk serupa yang dikeluarkan pabrikan lain gagal di pasar.

"Berdasarkan data, kami melihat mobil-mobil yang seperti Thor yang sudah dikeluarkan oleh teman-teman (pabrikan) lain itu gagal. Honda keluarkan Freed tutup, kemudian Toyota Sienta juga volumenya kurang bagus," kata Amelia di Jakarta, Senin (7/10/2019).

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/09/060200815/-populer-otomotif-mpv-murah-di-bawah-rp-200-juta-produsen-otomotif-lari-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke