Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata Merestorasi Mobil Amerika Lebih Murah dari Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan populasi yang semakin jarang, harga mobil klasik cenderung makin melambung tinggi. Apalagi bila kondisi mobil tersebut masih terawat dan orisinil.

Aliran modifikasi yang mengembalikan keaslian mobil alias restorasi pun makin diminati. Khususnya bagi mobil-mobil klasik, yang sebetulnya bukan hal mudah dalam mencari komponen-komponennya.

Iman Kusumo, pemilik bengkel modifikasi Gearhead Monkey Garage (GMG), mengatakan, dari sekian banyak merek, mobil-mobil keluaran Amerika Serikat jadi yang paling mudah untuk direstorasi.

“Membangun mobil Amerika itu sebetulnya sangat mudah, karena semua diproduksi ulang,” ujarnya kepada Kompas.com (29/9/2019).

Selain itu dibanding mobil Jepang atau Eropa, mobil Amerika juga memiliki harga spare part yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan.

“Biaya bangun mobil Jepang dan Inggris, sama Amerika itu murahan Amerika kok. Amerika tuh murah banget dibandingin mobil Jepang,” kata Iman.

Bahkan untuk merestorasi mesin misalnya, mobil Amerika bisa lebih murah 60 persen dibanding mobil Jepang. Sebab kata Iman, mobil Amerika punya pilihan komponen yang beragam, dari yang termurah sampai yang termahal.

Menurutnya hal ini bisa terjadi lantaran regulasi yang diterapkan di AS tidak mematikan industri komponen, khususnya komponen mobil lawas.

Berbeda dengan produsen mobil Jepang, yang sudah tak menyediakan spare part jika usia mobil sudah lebih dari 20 atau 30 tahun.

“Yang pasti Amerika di-support sama negaranya untuk mereka bisa memproduksi lagi spare part-nya. Jadi kita tidak perlu lagi cari barang yang bekas. Kadang-kadang kalau kita merestorasi mobil Jepang itu kita mesti cari barang bekasnya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/01/104200315/ternyata-merestorasi-mobil-amerika-lebih-murah-dari-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke