Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Gelar Formula E Selama 5 Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta akan menjadi tuan rumah balap Formula E pada 2020. Tidak hanya setahun tapi lima tahun berturut-turut sampai 2024.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut, dengan menjadi tuan rumah sebanyak lima musim, maka Jakarta akan diuntungkan saat melakukan investasi di bidang infastruktur.

"Jika ini menjadi event tahunan maka dari sisi investasi kita akan investasi infrastruktur, bangunan dan infrastrukturnya, dan bukan hanya sekali pakai, kalau hanya setahun sekali pakai setelah itu tidak memberikan manfaat lagi," kata Anies di Jakarta, Sabtu (20/9/2019).

Anies mengatakan, dengan investasi jangka panjang ini, Jakarta sebagai tuan rumah akan bisa terus mengembangkan aspek lain.

"Bayangkan kalau kita selenggarakan Asian Games dua kali, maka tahun ini kita bisa melakukan hal-hal yang harusnya kita lakukan, dan tahun ketiga ada tambahan lagi ide-ide yang didapat. Jadi kita melihatnya bukan seperti sebagai event organizer tapi melihatnya sebagai pengembangan Jakarta dengan memanfaatkan Formula E," katanya.

Selain infrastruktur, Anies mengatakan, dampak ekonomi ketika menjadi tuan rumah Formula E juga cukup besar yakni1,2 triliun rupiah. Angka ini belum termasuk keuntungan lain yang tak dapat dihitung.

Anies mengatakan, tim Formula E mengatakan sudah melakukan feasibility studies, jumlah Rp 1,2 triliun itu pun dicapai hanya memakai asumsi studi kelayakan bisnis yang cukup rendah.

"Ini masih asumsi yang menurut kami sangat konservatif, tapi asumsi itu bisa kita pakai sebagai rujukan. Diperkirakan pergerakan perekonomian selama event itu sekitar Rp 1,2 triliun dengan jumlah 35.000 penonton," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/21/085634615/jakarta-gelar-formula-e-selama-5-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke