Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap Digelar, Kustomfest 2019 Ambil Tema Penuh Makna

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang tahunan para pecinta otomotif, penggiat budaya modifikasi custom, alias kustom kultur siap dihelat kembali. Lokasi acara masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Jogja Expo Center (JEC), 5-6 Oktober 2019 di Yogyakarta.

Kustom Kulture Festival (Kustomfest) tahun ini akan mengambil tema yang sarat dengan banyak makna, yakni Back to The Roots.

Menurut Director Kustomfest Lulut Wahyudi, pengambilan tema sebenarnya merefleksikan dari kejadian-kejadian belakangan ini, terutama ketika terjadi perpecahan di masa-masa pemilu beberapa waktu lalu.

"Tema ini diambil untuk mengajak kembali ke akar, akar budaya kita. Kenapa, karena kemarin ini kita sudah cerai-berai karena prahara politik, sekarang sudah lewat jadi ayo kembali bersama, karena kesatuan itu yang terpenting termasuk dalam berkarya," ujar Lulut saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/9/2019).

Menurut Lulut, tema yang diambil memang cukup dalam, namun jangan dipersepsikan berbau politik, karena tujuannya benar-benar untuk membuat semuanya kembali duduk bersama.

Bahkan tema ini pun juga dilukiskan menjadi gambar dari desain utama Kustomfest 2019. Tampilannya diklaim Lulut mewakilkan kondisi yang ada saat, hanya dalam bentuk visual kustom kulture.

"Kalau dilihat kan itu ada motor dan mobil kustom yang berserakan dan gedung yang hancur, itu sebenarnya menggambarkan kondisi yang terjadi. Tapi di tengah gambar tersebut ada tiang bendera Merah Putih yang sudah sobek tapi tetap berkibar ingin mengajak kita kembali bersama, bareng-bareng algi," ujar Lulut.

Sementara ketika ditanya soal konten utama ada acara, yakni kustom bike show, menurut Lulut sejauh ini sudah cukup banyak peserta yang mulai mengirimkan karyanya. Bebrapa diantaranya juga banyak konsep-konsep baru yang menarik, tapi banyak pula yang gugur.

"Banyak juga yang motor baru, tidak semua klasik, kita ingin tahun ini lebih imbang, sebisa mungkin tidak ada dominasi. Pola tetap seperti sebelumnya, kita batasi, mereka yang sudah lolos seleksi tetap disaring lagi nanti sebelum masuk ke gedung, kalau tidak memenuhi kriteria yah gugur. Memang ketat untuk mendapatkan karya yang layak tampil," ucap Lulut.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/20/074200415/siap-digelar-kustomfest-2019-ambil-tema-penuh-makna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke