Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Eksklusif Test Drive Mobil Esemka Usai Diresmikan Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan eksklusif untuk melihat dan merasakan langsung sensasi berkendara Esemka Bima 1.3, di pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Kesempatan itu didapat usai proses peresmian pabrik yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada, Jumat (6/9/2019).

Kebetulan Kompas.com mendapat unit Esmka Bima 1.3. Seperti diketahui, mobil ini merupakan kendaraan niaga ringan dengan mesin DOHC 16V berkubikasi murni 1.298 cc. Tenaganya memang sedikit lebih besar dibandingkan model Bima 1.2.

Tampilan eksterior, Bima 1.3 juga memiliki dimensi yang lebih besar bila dibandingkan dengan model 1.2. Panjangnya mencapai 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.995 mm. Sedangkan untuk dimensi bak kargonya, sebesar 2.970 mm x 1.740 mm x 470 mm.

Berdasarkan penelusuran, panjang serta bak kargo yang dimiliki Esemka Bima 1.3 menjadi yang terluas dari beberapa kompetitornya, seperti Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, serta DFSK Supercab. Tentu ini akan menjadi modal tersendiri bagi Esemka dalam memasarkan Bima 1.3.

Namun memang secara luas mobil sendiri tak sebesar yang dimiliki Suzuki Carry atau DFSK Supercab. Ini pun akan menjadi salah satu kekuranganya nanti bila dikomparasi secara langsung dengan para rivalnya.

Secara desain, tampang Bima 1.3 memang tak ada bedanya dengan mobil niaga ringan di kelasnya.

Bahkan, meski sudah memiliki pabrik dan telah dibuktikan benar-benar dirakit dalam negeri dari tenaga ahli lokal, masih banyak yang curiga bila Bima 1.3 merupakan rebadge dari pikap asal China, yakni Star Truck produksi Changan Automobile.

Padahal bila diperhatikan lebih detail, banyak perbedaannya. Pertama dari bagian gril, Bima 1.3 memiliki gril mirip dengan BMW, sementara Star Truk grilnya lebar. Sedangkan untuk lampu depan Star Truk memiliki dimensi besar dan melebar, Bima 1.3 justru tampil lebih sederhana.

Penasaran seperti apa, silahkan lihat cerita selengkapnya di video di youtube Otomotif Kompas dan jangan lupa subscribe, like dan komen.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/10/142845615/video-eksklusif-test-drive-mobil-esemka-usai-diresmikan-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke