Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Bekas Toyota Sienta Tak Sebagus Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - Melanjutkan penyegaran beberapa unitnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis Sienta facelift, Senin (2/9/2019). Mobil keluarga dengan model pintu geser tersebut hadir dengan ubahan pada sektor tampilan dan kenyamanan.

Namun sentuhan baru yang dilakukan Toyota, rupanya dianggap para pebisnis mobil bekas tak terlalu signifikan. Harusnya Sienta mendapat ubahan yang drastis, terutama dari sektor kabinnya.

"Mungkin dari eksterior tidak terlalu, yang sakarang saja itu cukup minim sekali. Harusnya kabin mendapat ubahan besar, contoh dengan dibuat captain seat pada baris kedua agar lebih lapang atau dibuat lebih futuristik lagi," ujar Manajer Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/9/2019).

Lebih lanjut Herjanto mengatakan, dari segi persaingan di mobil bekas, Sienta saat ini memang tidak ada rival, apalagi setelah Honda Freed berhenti beredar.

Akan tetapir rata-rata konsumen lebih menyukai Freed lantaran memiliki kabin yang lapang dan modern.

Sementara untuk harga bekas, Sienta lansiran 2017 dengan transmisi matik kisaranya masih sekitar Rp 190 sampai Rp 200 jutaan.

Untuk 2018, model tertinggi yakni tipe Q masih di angka Rp 230-235 jutaan, tergantung dari kondisi dan jarak tempuh pada kilometernya.

Harga tersebut menurut Herjanto mengalami penurunan lantaran konsumennya sangat sedikit. Kebanyakan konsumen masih beralih ke Veloz dengan pertimbangan harga jual yang lebih stabil.

"Rata-rata yang laris itu model tertinggi, jarang ada yang angkat kalau yang tengah apalagi yang manual. Tapi memang pasarnya tidak selaris Freed, karena Sienta masih dianggap tanggung, dari sisi kabin sampai mesin, kalau desain tidak begitu pengaruh," ucap Herjanto.

Komentar senada juga ikut diutarakan Teddy, salah satu pemilik showroom mobil bekas di MGK Kemayoran.

Menurut Teddy, harga bekas Sienta cenderung turun karena peminatnya yang tidak begitu banyak, bahkan beberapa pedagang pun enggan untuk mengambil bila unitnya tidak mulus.

"Jarang yang mau pegang karena putarannya lama, lalu harganya memang turun. Tahun 2018 itu sekennya masih Rp 225 jutaan lebih lah, tapi kalau barangnya tidak mulus biasanya pedangan malas angkatnya (beli)," ucap Teddy.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/02/184241015/harga-bekas-toyota-sienta-tak-sebagus-avanza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke