Salin Artikel

Toyota Jaga Eksklusivitas Mobil Menteri Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Crown 2.5 HV G-Executive resmi menjadi mobil dinas menteri Presiden Jokowi kabinet 2019-2024. Menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang sudah digunakan kabinet sebelumnya.

Meski sudah masuk Indonesia lewat jalur pengadaan khusus, PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku APM Toyota di Indonesia, mengatakan, belum tertarik meluncurkan mobil yang sama untuk pasar nasional.

"Crown saat ini belum ada rencana karena peluncuran produk harus melihat berbagai sudut, mulai dari produk dan marketnya. Jadi pada saat ini diskusi kita dengan prinsipal belum ada rencana untuk umum," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Anton mengatakan, saat ini pihaknya melihat harga dan segmen Crown 2.5 HV G-Executive belum cocok untuk pasar nasional. Meski pada dasarnya di jajaran produk Toyota, Crown bukanlah model termahal.

"Harga, segmennya besar atau tidak. Kalau Toyota paling mahal itu Century jadi Crown bukan yang paling mahal. Salah satu yang mahal tapi bukan yang paling mahal. Lalu di grup kita ada Lexus juga jadi harus kita lihat juga posisinya ada di mana," katanya.

Anton mengatakan, pemilihan Crown 2.5 HV G-Executive oleh pemerintah dilandasi kebutuhan yang diperlukan. Selain itu memang biasanya suatu produk akan disesuaikan dari berbagai sisi.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk mobil dinas baru menteri diimpor dari Jepang. Mobil ini masuk setelah PT Astra International Tbk-TSO memenangkan tender untuk menyediakan 101 unit mobil dinas belum lama ini.

Perkiraan seluruh mobil akan datang pada September mendatang, atau sebelum pelantikan kabinet baru. Sedan mewah ini menggantikan Crown Royal Saloon yang sudah digunakan lebih dari 10 tahun.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/28/194200815/toyota-jaga-eksklusivitas-mobil-menteri-jokowi-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.