BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HPM
Salin Artikel

Biar Nyaman, Perhatikan Posisi Duduk saat Mengemudi Mobil!

KOMPAS.com – Saat mengendarai kendaraan bermotor seperti mobil, umumnya pengemudi ingin berkendara secara nyaman. Terutama terkait posisi duduk.

Melansir Kompas.com, Sabtu (1/6/2019), hal terpenting saat duduk sambil mengemudi adalah memperhatikan sirkulasi darah agar tidak terhambat.

Selain memperhatikan posisi duduk, ada baiknya Anda juga memperhatikan posisi tangan serta posisi kaki saat mengemudi. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan berikut ini.

1. Posisi duduk

Posisi duduk saat sedang berkendara harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest.

Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat. Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman.

Harap perhatikan, jika bahu terangkat dari sandaran ketika Anda memutar kemudi, berarti posisi kursi terlalu jauh. Namun bila sandaran berada pada posisi yang tepat, Anda akan dengan mudah mengendalikan setir.

Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk seperti itu sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman.

2. Posisi tangan

Untuk menghasilkan pengalaman berkendara yang nyaman serta aman, Anda harus memperhatikan posisi tangan. Posisi ini berperan penting karena selama perjalanan tangan yang akan mengendalikan roda kemudi dan persneling.

Ada baiknya untuk berpegang teguh pada aturan posisi arah jam 9 dan arah jam 3. Caranya, bayangkan setir kemudi yang Anda kendalikan menyerupai jam dinding. Posisikan tangan kiri sesuai arah pukul 9 dan tangan kanan pada posisi arah pukul 3.

Asal tahu saja, posisi tangan tersebut akan memberikan Anda kendali penuh terhadap setir.

Selain itu, selalu gunakan dua tangan untuk mengemudi. Sebab bila berkendara dengan hanya satu tangan akan mempengaruhi posisi tulang belakang Anda dan dapat menyebabkan sakit punggung.

3). Posisi kaki

Posisi kaki saat mengemudi tidak boleh terlalu menekuk dan tidak boleh pula terlalu lurus. Pasalnya, posisi kaki yang tepat saat mengemudi akan mencegah nyeri lutut.

Nah, untuk menentukan pas atau tidaknya posisi kaki, pertama-tama geser kursi Anda terlebih dahulu hingga lutut sedikit menekuk saat Anda menekan gas. Bila kaki terlalu menjulur, gerakkan kursi Anda ke arah depan. Lalu, bila terlalu menekuk, geser kursi ke arah belakang.

Selain itu, tinggi atau tidaknya kursi juga harus Anda kendalikan sesuai dengan postur tubuh. Posisikan kursi hingga pinggul sejajar dengan lutut dan angkat kursi lebih tinggi jika Anda tidak dapat melihat dengan jelas kaca depan.

Sebaiknya jangan mengemudi dengan pinggul lebih rendah dari lutut Anda karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki.

Namun, jika mobil Anda tidak memiliki kontrol untuk mengatur ketinggian kursi, duduklah di bantal untuk membantu menjaga pinggul setinggi lutut. Bila Anda tidak nyaman dengan hal tersebut, tips selanjutnya adalah mengganti mobil Anda dengan tunggangan yang lebih modern.

Untuk diketahui, beberapa mobil keluaran terbaru sudah menyematkan teknologi otomatis dan elektrik pada kursinya, seperti yang terdapat pada All New Honda Accord.

Pertama, Honda Accord generasi ke-10 ini mempunyai sistem Memory Seat With Easy Entry/Exit. Gunanya adalah untuk menyimpan pengaturan kursi pengemudi dan memberikan akses yang lega kepada pengemudi, di mana kursi akan mundur secara otomatis saat masuk atau keluar kendaraan.

Kedua, ada sistem Lumbar Support yang terletak pada kursi driver. Fungsi teknologi ini adalah untuk menentukan posisi pinggang belakang pengemudi agar pas dengan posturnya.

Selanjutnya, pada Accord keluaran terbaru ini juga disediakan arm rest yang cukup lebar dan berbahan kulit. Ketersediaan arm rest ini terletak pada baris pertama dan kedua sehingga baik pengemudi dan penumpang bisa merasakan kenyamanan yang sama

Dengan posisi duduk, kaki, dan tangan yang tepat, Anda akan merasakan pengalaman berkendara yang nyaman serta aman.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/28/111200915/biar-nyaman-perhatikan-posisi-duduk-saat-mengemudi-mobil-

Bagikan artikel ini melalui
Oke