Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Kembali Pentingnya Batasi Muatan Saat Berkendara

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kendaraan roda empat masih jadi moda transportasi yang kerap diandalkan untuk menempuh perjalanan jauh. Apalagi saat ini akses untuk ke luar kota sudah dipermudah dengan adanya ruas Jalan Tol yang lebih panjang.

Supaya perjalanan menjadi nyaman, ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan sebelum berkendara. Selain kondisi fisik mobil, memperhatikan batas muatan juga perlu sebagaimana dikatakan Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

"Setiap mobil, memiliki batas angkut atau beratnya. Jika melewati, kinerja mobil akan semakin berat. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan dan keamanan ketika berkendara pada akhirnya seperti bahan bakar yang jadi lebih boros," kata Jusri kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Beratnya muatan di mobil dipengaruhi dari jumlah barang bawaan dan juga penumpang. Mungkin masih banyak orang menganggap membawa barang berlebih lebih efisien, padahal malah menimbulkan kerugian yang tak terlihat.

"Komponen-komponen kendaraan akan dipaksa kerja lebih keras akibatnya usia komponen tersebut jadi pedek. Misalnya suspensi, per-per, tenaga mobil yang over untuk menggerakkan muatan yang terlalu berat," ujar Jusri.

Dari sisi keselamatan jalan, sambungnya, kendaraan menjadi tidak stabil dan mudah hilang kendali. Apalagi jika kontur jalan yang dilalui berbukit seperti perjalanan Merapah Trans Sumatera 2019.

"Maka baiknya saat berkendara tidak mengangkut penumpang atau barang berlebih karena Itu akan mengurangi kestabilan kendaraan. Akibat kemampuan suspensi yang tidak bisa mengakomodir volume yang ada, gaya lateral akan jadi besar, gaya understeer besar, bodyroll juga besar, jadinya oleng," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Service Advisor Wuling Motors Desianto juga memaparkan bahwa saat barang muatan berlebih ban akan lebih cepat pecah. Termasuk ketika mobil dipakaikan rail roof.

"Pakai roof rail itu sah saja, yang penting itu beban berat tak melebihi batasnya. Karena bila seperti itu akan ada risiko ban meledak, sehingga mobil menjadi tidak seimbang (oleng), dan sebagainya," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/28/064200215/ingat-kembali-pentingnya-batasi-muatan-saat-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke