Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Identik dengan Kijang Innova

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut mobil Toyota Kijang di acara Muktamar V PKB, yang berlangsung di International Convention Center Westin Resort, Badung, Bali, Selasa (20/8/2019). Menurut Jokowi dari dulu hingga sekarang tetap setia dengan mobil MPV itu.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun punya keterikatan dengan Toyota Kijang. Sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Gubernur DKI Jakarta, hingga kini menjadi Presiden tetap setia menggunakan MPV itu.

Jokowi terlihat sering menggunakan Kijang Innova ketika melakukan kegiatan, sampai ketika mendaftar menjadi peserta Pemilihan Presiden 2019 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum memilih menggunakan mobil itu.

Kijang Innova merupakan tipe mobil yang selalu digunakan Jokowi sebelum resmi dilantik jadi Presiden. Mobil tipe itu pula yang dulu rutin digunakannya saat masih aktif menjadi Gubernur DKI Jakarta pada periode Oktober 2012 hingga Oktober 2014, bahkan saat masih mengikuti kampanye Pilkada DKI 2012.

Saat bertarung di Pilkada DKI 2012, Jokowi tercatat menggunakan Innova putih bernomor polisi B 1419 UKA. Mobil itu pula yang menemaninya hingga terpilih menjadi DKI 1.

Setelah menjabat sebagai Gubernur DKI, Jokowi lebih sering menggunakan Innova hitam bernopol B 1124 BH. Bahkan nyaris tak pernah sekali menggunakan Toyota Land Cruiser yang merupakan mobil dinas gubernur.

Saat bertarung di Pilpres 2014, Jokowi terpantau rutin menggunakan Innova putih bernomor B 1567 PRA. Namun setelah akhirnya menang dan dilantik menjadi presiden, Jokowi tak pernah lagi terpantau menggunakan Innova.

Selama menjabat sebagai RI 1, Jokowi selalu menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard, tetapi tidak sedikit datang ke acara peresmian menggunakan Kijang Innova.

Kijang sendiri sangat identik dengan kendaraan yang memenuhi segala lapisan masyarakat. Mobil keluarga itu bisa dikatakan menjadi kendaraan sejuta umat sejak 1977 hingga sekarang.

Sementara itu, jenis Kijang yang sudah melegenda di Tanah Air antaranya Kijang Buaya, Kijang Doyok, Kijang Super, Kijang Kapsul, Kijang Krista, dan yang terbaru Kijang Innova.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/21/110117415/jokowi-identik-dengan-kijang-innova

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke