Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Hasil MotoGP Austria | Proton Persona yang Ditumpangi Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi populer pada akhir pekan lalu didomonasi seputar MotoGP Austria 2019. Mulai Valentino Rossi, Maverick Vinales, hingga Marc Marquez pecahkan rekor pole legenda Mick Doohan.

Hasil MotoGP Austin 2019 juga menjadi sorotan, karena Andrea Dovizioso berhasil mengalahkan Marquez di tikungan terakhir menjelang garis finis.

Selain itu, berita tentang Proton Persona yang merupakan mobil Mahatir ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Malysia juga ikut menjadi sorotan.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Minggu (11/8/2019).

1. Taktik Rossi Start dari Posisi 10 di GP Austria

Valentino Rossi tidak senang harus start dari posisi ke-10 di GP Austria 2019. Pebalap Monster Energy Yamaha, itu ''gagal'' dikualifikasi walaupun kecepatan motornya tidak kalah jauh dengan Ducati.

"Saya tidak terlalu senang dengan posisi ini. Mulai dari baris keempat tidak fantastis, pasti. Saya berharap, saya berharap untuk yang kedua," kata Rossi lansir Crash.net, Minggu (11/8/2019).

Rossi mengatakan, saat kualifikasi dia melakukan kesalahan kecil di lap ketiga. Padahal dari posisi kelima (P5) sampai kesebelas (P11) catatan waktu pebalap sangat ketat. Sehingga kesalahan kecil akan sangat berpengaruh.

2. Viral Ibu-ibu Terobos Palang Pintu dan Tersenyum

Foto pelanggaran lalu lintas dengan menerobos palang pintu kereta api kembali membuat heboh media sosial. Foto yang diunggah di twitter @ndasmutakcokot pada Jumat (9/8/2019) itu, menampilkan seorang ibu yang menerobos masuk ke perlintasan kereta api, namun terjebak di dalamnya.

Sepertinya ibu tersebut memaksa masuk saat kereta akan melintas. Namun pintu di seberang tertutup yang membuatnya tak berkutik karena seketika kereta langsung melintas tepat di belakangnya.

Parahnya lagi, mimik wajah si ibu yang menggunakan skutik tak menampilkan ekspresi ketakutan, justru sebaliknya. Kejadian seperti ini memang bukan hal yang aneh di Indonesia, bahkan sudah menjadi sebuah budaya.

Meski ada sanksi hukumnya tapi hal tersebut tetap tidak digubris, kebanyakan pelanggar beralasan terburu-buru tanpa memikirkan bila tindakanya menggundang maut.

3. Marquez Pecahkan Rekor Pole Legenda MotoGP, Mick Doohan

Marc Marquez bukan hanya berhasil mengamankan posisi terdepan untuk pertarungan di MotoGP Austria pada babak kualifikasi. Pebalap Repsol Honda ini juga sukses menorehkan prestasibaru, yakni memecahkan rekor pole pebalap legendaris Mick Doohan.

Seperti diketahui, saat sukses merebut pole di Brno, catatan Marquez sudah menyamai Doohan, yaitu 58 kali. Dengan tambahan prestasinya di Red Bull Ring, Sabtu (10/8/2019), The Baby Alien secara total sudah mengantongi 59 pole.

Menariknya, meski keluar menjadi pebalap tercepat di babak kualifikasi dan berhasil memecahkan rekor baru, tapi Marquez justru mengatakan dia telah membuat kesalahan. Hal ini lantaran target waktu yang ingin dicapai tidak sesuai dengan hasilnya.

4. Hasil Balap MotoGP Austria, Dovizioso Kalahkan Marquez di Tikungan Terakhir

Andrea Dovizioso berhasil merebut gelar juara di GP Austria 2019. Ini merupakan kemenangan keduanya setelah tahun 2017, sekaligus mengamankan kemenangan keempat Ducati di Red Bull Ring sejak 2016.

GP Austria sudah panas sejak awal balapan. Marquez yang start paling depan menahan laju Dovizioso di tikungan lap pertama dan membuat keduanya melebar. Membuat keuntungan buat Quartararo yang menyodok ke depan.

Namun tak butuh waktu lama buat Dovi untuk kembali ke rombongan depan. Kendati Quartararo mulai konsisten di depan, Dovi terus membuntuti di posisi kedua, diikuti Jack Miller di tempat ketiga.

Lap keempat, Quartararo berada di depan, diikuti Dovizioso dan Marquez di posisi ketiga setelah menyalip Miller. Selang satu lap kemudian, Dovi berhasil memimpin setelah menggunting Quartararo di trek lurus.

5. Mengenal Proton Persona, Mobil Mahathir yang Ditumpangi Jokowi

Ada yang unik dalam kunjungan Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) ke Malaysia. Menjelang solat Jumat di salah satu masjid di Putrajaya, Jokowi disopiri langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir.

"Jumat siang di Malaysia, diajak semobil bersama Perdana Menteri Tun Mahathir Mohamad dari lokasi pertemuan bilateral ke Dining Hall di Putrajaya. Mobilnya Proton Persona berkelir merah," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Twitter, Jumat (9/8/2019).
Lahir pada tahun 2007, Proton Persona merupakan mobil sedan kompak produksi perusahaan mobil Malaysia. Persona aslinya didesain dari model Proton Gen-2. Nama Persona sendiri dipilih untuk menggantikan Proton Wira.

Persona dilengkapi dengan mesin empat silinder DOHC CamPro IAFM yang menyimpan tenaga sebesar 110 tk dan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm. Mobil yang disebut juga dengan Persona ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/12/060200515/-populer-otomotif-hasil-motogp-austria-proton-persona-yang-ditumpangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke