Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ural Ambassador "Motor Perang" Edisi Khusus 75 Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-17 awak redaksi menghadirkan goresan sketsa motor ikonik yaitu Ural Ambassador. Motor sespan legendaris produksi IMZ Ural yang merupakan edisi spesial untuk merayakan ulang tahun Ural ke-75 tahun.

Ural Ambassador dibangun dari basis Ural Gear Up dan hanya dibuat sebanyak 25 unit. Motor ini pertama kali rilis pada 2017 dan merupakan edisi Ural yang jadi buruan kolektor karena paling langka.

Sebagai edisi khusus ulang tahun, ada tiga perbedaan di motor ini, yaitu logo peringatan 75 tahun, warna khusus, dan mesin, pelek, rangka, dan suspensi hitam. Cat warna coklat metalik yang dipakai Ambassador ini tidak akan ditemui di model lain.

Bicara Ural maka akan kembali ke sejarah Perang Dunia II. Saat itu pasukan Rusia butuh motor yang tangguh dan lincah di segala medan. Sampai akhirnya Rusia memakai cara yang cukup banyak dilakukan saat itu, mencontek motor lain.

Tak tanggung-tanggung, cetak biru Ural edisi pertama diambil dari BMW R71 bermesin boxer yang teruji tangguh dipakai tentara Nazi Jerman. Walaupun sampai saat ini Ural tidak mengakui hal tersebut.

Setelah kekalahan Jerman, IMZ Ural yang awalnya memproduksi motor buat militer kemudian mulai meniagakannya ke masyarakat sipil. Meski sampai saat ini pun pabrikan tersebut tak banyak tersorot masyarakat luar.

"Dari zaman perang mesinnya tetap sama 750 cc boxer. Motor ini juga unik tampangnya klasik disertai sespan yang memang ciri khas Ural," kata Michael Sofyan, Direktur Hobby Motor, importir Ural di Indonesia kepada Kompas.com.

Keunggulan Ural teruji karena motor ini berpengerak dua roda untuk melintasi off road. Kemampuannya juga ditambah dengan sistem sambungan independen, sehingga sespan tidak kaku dan bisa mengikuti gerak motor. 

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/02/184100615/ural-ambassador-motor-perang-edisi-khusus-75-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke