Salin Artikel

Jangan Lipat Manual Spion Retractable

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil modern sekarang ini yang sudah dibekali dengan spion retractable atau bisa melipat secara otomatis. Spion yang bisa dioperasikan hanya dengan tombol dari dalam kabin ini tentu berbeda perlakuannya dengan spion manual.

Namun demikian, tak sedikit yang masih memperlakukan spion retract layaknya spion manual. Beberapa pemilik mobil masih menekuk spion secara manual.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, spion retract sekarang ada beberapa tipe, salah satunya ada yang bisa ditekuk manual.

"Spion sekarang ada yang memiliki pengaman dan ada yang tidak. Ada spion yang jika terkena benturan, gir mekanismenya patah. Tapi, ada juga yang bisa menekuk saat terkena benturan atau ditekuk manual," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, biasakan untuk selalu menekuk spion melalui tombol yang sudah tersedia. Jika parkir di tempat terbuka atau jalan yang sempit, sebaiknya tekuklah spion sebelum keluar dari mobil.

Hal ini bertujuan agar spion terhindar dari senggolan dengan kendaraan lain atau menghindari spion ditekuk secara manual oleh orang lain, seperti petugas parkir.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/01/152326115/jangan-lipat-manual-spion-retractable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.