Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baterai Remote "Keyless" Habis, Ini Cara Buka Pintu dan Hidupkan Mesin

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan mobil baru saat ini sudah mulai menerapkan sistem smart entry key alias keyless. Tak perlu lagi memutar anak kunci untuk menyalakan mobil, cukup tekan tombol engine star stop saja.

Begitu juga saat akan masuk, cukup tekan tombol hitam yang ada pada gagang pintu tanpa repot mengeluarkan remote dari dalam saku. Tapi perlu diketahui, sistem kerja fitur keyless mengandalkan beterai yang terletak pada remote. Lantas bagaimana kalau baterai tersebut habis, apakah masih bisa untuk mengakses mobil ?

Menjawab pertanyaan ini, Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, menjelaskan pemilik mobil tidak perlu panik dan khawatir. Karena bukan berarti pengemudi harus langsung mengganti baterai, tapi masih bisa mencoba beberapa hal untuk dapat mengakses mobilnya.

"Biasanya meski baterai remote sudah lemah tapi masih bisa mengirim sinyal bila jaraknya cukup dekat. Caranya dengan coba menekan remote dekat dengan mobil, contoh menempel di kaca depan langsung berdekatan dengan gagang pintu mobil," ucap Didi kepada Kompas.com, pekan lalu.

Bila memang tak ada respon, maka pemilik mobil tinggal mencoba cara manual, yakni membuka pintu mobil dengan anak kunci. Karena bukan berarti adanya fitur keyless pihak pabrikan tidak menyiapkan cadangan anak kunci.

Tidak perlu binggung mencari anak kuncinya, karena letaknya dibuat menyatu dengan remote. Menurut Didi, untuk mengeluarkan anak kunci, cukup cari tombol kecil pada bagian remote yang biasa terletak di bagian belakang atau atas.

"Pastinya sudah dilengkapi dengan batang anak kunci pada remotenya, jadi saat darurat seperti baterai habis pemilik mobil masih tetap bisa masuk ke dalam mobil, jangan langsung panik," ucap Didi.

Setelah berhasil membuka pintu dan masuk ke dalam kabin, tidak perlu binggung untuk menyalakan mesin dalam kondisi baterai habis. Cukup hadapkan remote keyless ke tombol start stop, otomatis mobil sudah bisa langsung menyala seperti semula.

"Contoh pada keyless Toyota, nah tinggal tempel remote yang ada lambang Toyota ke tombol setelah itu lakukan start seperti biasa. Tapi agar nyaman, jangan lupa untuk mengganti baterai remote, bisa di bengkel resmi atau melakukan sendiri," kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/23/110200215/baterai-remote-keyless-habis-ini-cara-buka-pintu-dan-hidupkan-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke