Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Lakukan Ini jika Mobil Transmisi Matik Sedang Parkir

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi otomatis atau matik, punya perlakuan khusus, baik  saat mengemudi hingga parkir. Tetapi masih banyak pengguna yang belum tahu sehingga kebiasaan ketika menggunakan mobil transmisi manual masih diterapkan.

Mobil transmisi otomatis, ada mode P, digunakan saat melakukan parkir mobil. Kebiasaan dari para pengendara rata-rata adalah memposisikan transmisinya di netral atau N, lalu menggunakan rem tangan. Hal ini bisa berbahaya jika mobil diparkir di permukaan yang miring, baik tanjakan atau turunan.

Sebab, jika ada masalah dengan pengeremannya, seperti kabel rem putus atau mekanisme pengunci patah, mobil bisa meluncur bebas. Kampas rem yang sudah habis juga bisa membuat kinerja rem tangan menjadi tidak optimal.

"Saat parkir mobil matik perlu memposisikan transmisi di P. Gunanya untuk mendukung rem tangan yang kinerjanya bisa saja terganggu. Transmisi di posisi P ini sama seperti memasukkan gigi pada mobil bertransmisi manual," ujar Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, dengan posisi transmisi di P, bagian gigi transmisi akan terkunci. Sehingga, mobil akan berhenti dengan sempurna. Namun, sebaiknya tetap mempergunakan rem tangan, agar beban pada komponen transmisi tidak terlalu berat dan tetap awet.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/11/170200015/wajib-lakukan-ini-jika-mobil-transmisi-matik-sedang-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke