Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbauan Polisi, Tangki BBM dan Saldo Kartu Tol Harus Penuh

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemudik yang akan kembali ke Jakarta harus tetap berhati-hati karena akan menempuh perjalanan yang jauh. Persiapan mutlak dilakukan agar perjalanan balik dari kampung halaman bisa aman dan nyaman.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin memberikan tips untuk pemudik yang sedang baik ke arah Jakarta menggunakan mobil. Tips ringan ini diharapkan dapat membuat perjalanan di lebih menyenangkan.

"Pertama jangan lupa mengisi kartu E-Toll atau sejenisnya. Pastikan saldo terisi agar perjalanan lebih cepat. Karena jika tidak ada isinya bisa mengakibatkan penumpukan,” kata Benyamin kepada Kompas.com belum lama ini.

Selanjutnya, kata Benyamin, isi bahan bakar minyak (BBM) penuh sebelum berangkat. Jangan isi bensin ketika di rest area. Tujuannya untuk menjaga tidak terjadi penumpukan di tempat istirahat dan supaya stok BBM di lokasi tidak cepat habis.

“Jika di tol bensin hampir habis dan rest area atau SPBU masih jauh jangan paksakan mobil sampai tempat tujuan, lebih baik keluar dari tol ke jalan biasa atau jalan nasional dan cari SPBU terdekat. Jangan paksakan harus isi bensin di rest area,” katanya.

Cara ini cukup efektif menghindari antrean panjang di SPBU supaya tak terjadi penumpukan kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar secara bersamaan. Alhasil kemacetan di sekitar rest area dan SPBU bisa terhindarkan.

Benyamin menambahkan, jika rest area dan antrian di SPBU sudah mengular, sebaiknya keluar dari tol dan cari SPBU di jalan biasa. Jangan takut keluar tol karena gerbang tol sekarang sudah banyak.

“Jangan takut keluar tol sekarang sudah banyak gerbang masuk tol. Justru bisa jadi hiburan tersendiri cari makan di jalan biasa , kemudian baru balik ke tol," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/08/130200215/imbauan-polisi-tangki-bbm-dan-saldo-kartu-tol-harus-penuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke