Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jasa Marga Klaim Rest Area Tol Trans Jawa Sudah Memadai

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik tahun ini, diprediksi akan ada banyak orang yang akan melewati jalur darat, khususnya Tol Trans Jawa. Melihat hal ini, PT Jasa Marga yakin rest area di sepanjang jalur tol sudah memadai.

Untuk mengatasi kemacetan, pemerintah sudah menetapkan untuk memberlakukan sistem one way di sepanjang jalur Tol Trans Jawa pada tanggal-tanggal yang diperkirakan akan terjadi puncak arus mudik dan balik.

Desi Arryani, Direktur Utama PT Jasa Marga, mengatakan bahwa one way bagi Jasa Marga salah satunya adalah solusi untuk mengatasi macet yang disebabkan rest area.

"Dengan sistem ini, traffic menjadi rata, dan rest area bisa sama-sama terisi," kata Desi saat diskusi yang bertema 'Mudik Selamat, Guyub Rukun' yang digelar oleh TerasKita di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Desi menambahkan bahwa rest area itu ada regulasinya tiap berapa kilometer. "Ada tiga tipe rest area, yang terbesar itu tipe lengkap dari toilet, parkir, masjid, sampai SPBU. Lalu, tipe yang sedang tanpa SPBU. Setelah itu, tipe yang kecil tanpa penjual makanan. Semua sudah ada regulasinya," jelas Desi.

Dengan tersambungnya jalur Tol Trans Jawa, Desi mengatakan itu semua sudah tersedia. Dengan jarak yang sudah diatur, Desi juga mengatakan bahwa sebetulnya masyarakat bisa tertib.

"Kita mengimbau kepada pemudik untuk beristirahat setiap 2 jam atau 400 km, dari sisi jarak semua sudah memadai. Berhentilah di rest area berikutnya jika rest area yang ditemui sudah penuh, sehingga tidak menimbulkan kemacetan," saran Desi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/05/19/123200115/jasa-marga-klaim-rest-area-tol-trans-jawa-sudah-memadai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke