Salin Artikel

Plus Minus Toyota Voxy dan Nissan Serena Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Serena baru akhirnya resmi dirilis oleh Nissan Mobil Indonesia (NMI). Meski memiliki desain dan mesin yang relatif sama, namun kali ini Serena Highway Star telah disodori beragam fitur baru yang membuatnya makin canggih dari sebelumnya.

Mulai dari intelligent sliding door pertama di kelasnya, layar sentuh tujuh inci ganda untuk head unit dan multi information display. Sampai kenyamanan baru lain bagi penumpang dan pengendara.

Di pasar, Serena akan bertarung dengan Toyota Voxy di pasar medium MPV boxy dengan pintu geser. Namun Nissan mempersiapkan Serena dalam dua pilihan, yakni varian X Rp 448 juta dan Highway Star Rp 465 juta, sementara Voxy hanya keluar dalam satu tipe dengan banderol Rp 462 juta.

Keduanya sama-sama memiliki desain kotak dengan tampilan wajah futuristik. Serena pun mengadopsi model headlamp layaknya Voxy dengan konsep double layer, yang kini makin menjadi tren setelah digunakan Avanza dan Xenia facelift.

Serena menawarkan fitur intelligent siliding door yang dapat dioperasikan tanpa menyentuh tuas. Melalui fitur ini, penumpang cukup membuka dengan menggerakan satu satu kaki di bawah pintu geser yang sudah terdapat foot sensor.

Sementara Voxy, untuk urusan membuka pintu geser bisa dilakukan dengan mode elektrik yang didukung dengan fitur jam protection. Tidak hanya itu, Nissan juga ikut menyematkan intelligent around view monitor pada Serena baru yang memudahkan pengendara saat parkir dengan bantuan empat kamera. Voxy sendiri hanya memiliki rear & corner sensor dengan parking camera dynamic back guide monitor.

Penumpang Serena baru juga akan dimanjakan dengan hadirnya hiburan roof mount monitor. Tapi sayang, dengan harga yang cukup kompetitif tersebut, Serena tidak dibekali dengan fitur moon roof  layaknya Voxy yang mampu mendongkrak sisi kemewahannya.

Bahkan dari sisi perangkat keselamatan dan penunjang berkendara, berdasarkan brosur Serena belum mengusung fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist seperti Voxy. Tapi dari sisi perlindungan airbag sudah lengkap dari depan sampai samping.

Bila ditarik kesimpulan, keduanya tetap ada plus minus, tergantung kebutuhan dan kesesuaian konsumennya. Kompetisi harga juga akan menjadi faktor penentu, karena dengan banderol Voxy yang lebih murah Rp 3 juta dari Serena HWS juga akan menjadi hal yang cukup krusial.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/20/080200715/plus-minus-toyota-voxy-dan-nissan-serena-baru

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.