Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Mengembalikan Keseimbangan Roda Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan mobil bukan hanya seputar area mesin, namun juga ada sektor lain yang tak kalah penting mendapat perhatian. Salah satunya seperti kaki-kaki, yang erat kaitanya dengan keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara.

Pada umumnya, perawatan kaki-kaki terbagi dalam dua metode, yakni spooring dan balancing. Keduanya memiliki pengertian dan proses pengerjaan yang berbeda, sebagai tahap awal kita fokus pada balancing.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, balancing dilakukan untuk menjaga keseimbangan pada roda mobil, mulai dari titik atas-bawah atau kiri-kanan, agar kestabilan mobil tetap terjaga, baik saat kecepatan tinggi atau ketika bermanuver.

"Balancing dilakukan saat mobil dirasa sudah mulai tak stabil saat dikendarai. Biasanya mobil akan terasa melayang pada kecepatan tertentu, dan kemudi sedikit berat dikendalikan ketika berjalan pelan," ucap Indah kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Indah mengatakan sebenarnya balancing masuk dalam perawatan berkala yang harus dilakukan pemilik mobil. Namun sayangnya hal ini kerap dilupakan oleh pemilik mobil karena terfokus pada sektor perawatan mesin.

Untuk mengetahui gejala kaki-kaki yang sudah waktunya dibalancing, sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena kaki-kaki langsung terkoneksi dengan pengendalian, maka sangat mudah bagi pengemudi merasakan bila ada kejanggalan pada mobil ketika dikendarain.

"Karena distribusi berat yang tak merata pada ban, maka lama kelamaan efeknya bisa membuat keausa yang tak merata antara satu ban dengan lainnya. Pengerjaan balancing dilakukan untuk melibat bagian roda mana yang tak seimbang, setelah itu akan diberikan pemberat seperti timah agar roda kembali seimbang," ucap Indah.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/14/090200915/pentingnya-mengembalikan-keseimbangan-roda-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke