Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata Sudah 12 Unit Mobil Esemka Jalani Uji Tipe

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat turun-naik, kabar mobil Esemka terdengar lagi. Kali ini, diklaim oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kalau mobil yang melekat dengan sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, sudah dalam tahap persiapan produksi massal.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, menjelaskan, sampai saat ini memang sudah ada 12 unit mobil Esemka yang melakukan uji tipe, namun tidak semuanya lolos.

"Data terakhir ada 12 unit mobil Esemka. Semuanya sudah melakukan uji tipe, tapi dari 12 itu hanya 11 unit saja yang lolos," ucap Budi kepada Kompas.com, Kamis (29/11/2018).

Sayangnya Budi tidak mengingat secara detail jenis dan apa nama mobil produksi Boyolali yang tidak lulus tersebut. Tapi dia memastikan sudah ada pemberitahuan untuk melakukan perbaikan agar unit yang tidak lolos bisa kembali menjalani uji tipe.

Ketika disinggung masalah produksi, Budi tidak bisa berbicara banyak. Namun, dia menginformasikan bahwa pikap Esemka akan menjadi model pertama yang masuk dalam produksi massal.

"Soal produksi ranahnya pabrikan, dia mau kapan mulai karena otomatis kalau sudah lolos uji tipe itu artinya sudah bisa berjalan produksi, tapi memang rencananya yang pikap lebih dulu," ucap Budi.

Meski pihak produsen Esemka sampai detik ini masih menutup diri, namun adanya kabar ini semakin memberikan sinyal kuat akan kehadiran Esemka. Pada Oktober 2018 lalu, Kompas.com baru mendapatkan bocoran bila sudah ada delapan unit Esemka yang lolos uji tipe, dengan penambahan tiga lagi, berarti sudah ada 11 unit Esemka yang mengantongi Surat Uji Tipe (SUT) Kemenhub.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/11/30/082200815/ternyata-sudah-12-unit-mobil-esemka-jalani-uji-tipe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke